Formulir : IK/ADAOP/19/14
JURUSAN ORTOTIK PROSTETIK
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA I
SILABUS MATA KULIAH
TEORI DAN PRAKTIK
TAHUN AKADEMIK 2013 - 2014
I.
|
IDENTITAS MATA KULIAH
|
||
|
Nama Mata Kuliah
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
|
Kode
|
:
|
OP. 1.03
|
|
Bebansks
|
:
|
2 SKS (T=1, P=1)
|
|
Alokasiwaktu
|
:
|
13 x 200 menit
|
|
Penempatan
|
:
|
Semester II (Genap)/Tingkat I
|
|
Prasyarat
|
:
|
Tidak ada/Lulus Semester I (Ganjil) Tingkat I
|
|
Jumlah minggu/pertemuan
|
:
|
13 minggu
|
|
Nama Tim Pengajar
|
:
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
II.
|
DESKRIPSI
MATA KULIAH
|
|
Mata
kuliah ini menguraikan tentang tata bahasa, susunan kalimat dalam karangan
ilmiah, juga dipelajari tentang komunikasi dan menulis laporan karya tulis
ilmiah dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
III.
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
|
Pada akhir matakuliah ini mahasiswa diharpkan mampu:
1. Memahami kaidah-kaidah Bahasa Indonesia
2. Menggunakan
Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam menyusun karangan ilmiah yang
berhubungan dengan pelaksanaan tugas sebagai Profesional Ortotik Prostetik.
|
IV.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
Kompetensi
No. 1, Menerapkan konsep, prinsip etika Ortotik Prostetik dan komunikasi
dalam praktik sebagai profesional Ortotik Prostetik.
Kompetensi
No. 2, Berperan serta dalam penelitian dan pengembangan Profesional Ortotik
Prostetik.
|
V.
|
EVALUASI
|
|
Evaluasi dilaksanakan terhadap :
1.
Teori/kuliah : 45%
Yang terdiri atas evaluasi :
a.
UjianSumatif I (UTS) : 15%
b.
UjianSumatif II (UAS) : 15%
d.
Seminar : 10%
2.
Praktika/Laboratorium : 55%
3.
Nilai Batas Lulus (NBL)
UjianTeori = 56 = 2.00
= C
Praktik/Laboratorium = 71 = 3.00 = B
4.
Jumlah Kehadiran Minimal 90%
a.
Bila kehadiran < 85% ( tidak masuk > 15 % )
peserta didik yang bersangkutan tidak dapat mengikuti ujian akhir semester
sebelum menyelesaikan penugasan
b.
Bila kehadiran < 75% ( tidak masuk > 25 % )
peserta didik yang bersangkutan tidak dapat mengikuti ujian akhir semester,
dan harus mengikuti perkuliahan ulang pada semester berikutnya
|
VI.
|
KEPUSTAKAAN
|
|
Abdul, Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta. Kurikulum 2004 BahasaIndonesia
Direktorat
Pendidikan Menengah Umum. 2003. Contoh
silabus dan penilaian
Hatikah,
Tika dan Mulyanis. 2003. Membina Kompetensi Berbahasa dan Sastra
Indonesia I A. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Parmono.
2013. Bahasa Indonesia yang baikdan Benar.
Jakarta.
Parmono,
2013. Bahasa Indonesia dalam Karya TulisIlmiah.
Jakarta.
Silberman,
Mel. 1996. Active Learning, 101
Strategies to Teach Any Subject.
Boston
London Toronto Sydney Tokyo Singapore: Temple University.
Simandjuntak
dan B. Simorangkir. 1953. Kesusastraan
Indonesia 3. Djakarta:
Jajasan Pembangunan Djakarta.
Tjahjono,
Liberatus Tengsoe. Tanpa Tahun Terbit.
Sastra Indonesia, Pengantar
Teori dan Apresiasi. Flores- Ende: Nusa Indah.
Fondiller, Shirly H. 2002. BukuPintarPenulisanPedomanbagiProfesiKesehatan.
Edisi
2 Jakarta. PenerbitBukuKedokteran. EBC.
Indiati,
Etty. 2001. Menulis Karya Ilmiah.
Artikel, Skripsi, Tesis, dan Desertasi. Jakarta. PT Gramedia.
Yamilah, M. 1994. Bahasa Indonesia
untukkesehatan. PGC.
|
VII. JADWAL
KEGIATAN PEMBELAJARAN JURUSAN KEPERAWATAN
Pukul
08 - 09.00 s.d. 09.00 – 10.00 WIB
|
|||||
TM
|
TANGGAL
|
POKOK BAHASAN
|
SUB POKOK BAHASAN
|
METODE
|
PENGAJAR
|
1
|
20-2-2014
|
1.
Mahasiswa mampu menyebutkan periode singkat sejarah perkembangan
bahasa Indonesia.
2.
Mahasiswa mampu menulis secarasingkat pengertian bahasa.
3. Mahasiswa
dapat menyebutkan hakikat bahasa.
4. Mahasiswa
dapat menyebutkan fungsi bahasa.
5. Mahasiswa
dapat memberikan contoh hakikat bahasa.
6. Mahasiswa
dapat memberikan contoh fungsi bahasa.
|
1.
Sejarah bahasa Indonesia.
2.
Batasan bahasa.
3.
Hakikat kedudukan bahasa Indonesia (sikap penutur bahasa)
4.
Hakikat bahasa.
5.
Fungsi Bahasa.
6.
Identitas fungsi bahasa.
|
CTJ
Presentasi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
2
|
27-2-2014
|
1. Mahasiswa
mampumenyebutkan ragam bahasa.
2. Mahasiswa
mampumenunjukkan contoh masing-masing ragam bahasa.
3. Mahasiswa
mampumenjodohkan ragam bahasa dengan kelompok orang yang menggunakan ragam tersebut.
|
1. Batasan
ragam bahasa.
2. Ragam
bahasa ilmiah.
3. Ragam
bahasa bisnis.
4. Ragam
bahasa sastra.
5. Ragam
bahasa filosofi.
6. Ragam
bahasa jurnalis.
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
3
|
06-3-2014
|
1. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan huruf sesuai
ejaan.
2. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan tanda baca
sesuai dengan ejaan.
3. Mahasiswa mampu menulis dengan mempergunakan istilah
sesuai dengan ejaan.
|
1. Pedoman
Umum Ejaan Bahasa Indonesia .
2. Pedoman
Umum Pembentukan Istilah.
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
4
|
13-3-2014
|
1. Mahasiswa
dapat menyebutkan diksi/pilihan kata dan kosakata bahasa yang baku
2. Mahasiswa
dapat memberikan contoh diksi/pilihan kata dan kosa kata bahasa yang baku
|
Pemakaian
kata
1.
Morfologi dan semantik
2.
Pengelompokkan jenis kata
3.
Makna leksikal dan gramatikal
4.
Sinonim
5.
Antonim
6.
Homonim, homofon, homograf
7.
Akronim
8.
Hiponim
9.
Hipernim
10. Denotasi
11. Konotasi
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
5
|
20-3-2014
|
1.
Mahasiswa mampu membuat frase, klausa, kalimat, dan konjungsi
2.
Mahasiswa mampu mengoreksi kesalahan frase, klausa,
kalimat, dan konjungsi
3.
Mahasiswa mampu membedakan kesalahan frase, klausa,
kalimat, dan konjungsi
|
1.
Frase
2.
Klausa
3.
Kalimat
4.
Konjungsi
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
6
|
27-3-2014
|
1.
Mahasiswa mampu membuat kalimat berstruktur SPO.
2.
Mahasiswa mampu mengoreksi kesalahan struktur kalimat
yang dibuat/dikutip dari bacaan/wawancara.
3.
Mahasiswa dapat mengedit kalimat yang telah dibuat oleh
teman.
4.
Mahasiswa dapat membuat paraphrase hasil wawancara/wacana.
|
1.
Batasan kalimat.
2.
Struktur kalimat.
3.
Pengertian kalimat
efektif
4.
Pembuatan kalimat
efektif
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
7
|
03-4-2014
|
1. Mahasiswa
mampu membuat paragraf berpola pikir induktif.
2. Mahasiswa
mampumembuat paragraf berpola piker deduktif.
3. Mahasiswa
mengetahui pola piker dalam paragraf.
|
1. Pengertian paragraf.
2. Pola pikir paragraf induktif dan deduktif.
3. Pengembangan paragraf.
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
|
10-4-2014
|
UTS
|
PG
URAIAN
|
Drs. Parmono, M.Pd.
&
Mutarobin,
S.Kep., Ners
|
|
8
|
17-4-2014
|
Mahasiswa mampu membuat surat lamar
pekerjaan
|
1.
Pengertian Surat
2.
Fungsi/kegunaan surat
3.
Penggolongan surat
4.
Teknik pembuatan surat lamaran pekerjaan
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
9
|
24-4-2014
|
1.
Mahasiswa mampu
mengidentifikasikan format pembuatan laporan
2.
Mahasiswa mampumenyusun
salah satu laporan
|
1.
Pengertian laporan
2.
Pentingnya laporan
3.
Sistematika laporan
4.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan laporan
5.
Teknik pembuatan laporan
|
CDT
Diskusi
Penugasan
|
|
10
|
08-5-2014
|
1.
Mahasiswa mampumengidentifikasikan
format karyailmiah keperawatan, proposal, artikel publikasi, dan laporan penelitian.
3.
Mahasiswa mampumenyusun
salah satu karya ilmiah.
4.
Mahasiswa mampu
membuat proposal penelitian.
|
1. Ragam
bahasa sebagai pedoman penulisan karya ilmiah mahasiswa (PKM)
2. Pedoman
laporan karyatulis mahasiswa (LKTM)
3. Pedoman
laporan penelitian.
4. Pedoman
artikel publikasi.
5. Pedoman
proposal penelitian.
|
CTJ
Diskusi
Penugasan
|
Drs. Parmono, M.Pd.
|
11
|
22-5-2014
|
1. Mahasiswa
mampu menulis topic artikel ilmiah berdasarkan penelitian yang dimiliki atau laporan
tugas praktik di laboratorium.
2. Mahasiswa
mampu menulis rumusan masalah dari topik yang sudah ditulis.
3. Mahasiswa
mampu menulis bagian pendahuluan karya tulis.
4. Mahasiswa
mampu menulis bagian pembahasan atau isi karangan ilmiah.
5. Mahasiswa
mampu menulis daftar pustaka
6. Mahasiswa
mampu menulis kutipan langsung dan tidak langsung dalam karya ilmiah.
|
1.
Bagian pemilihan
topic dan rumusan masalah.
2.
Bagian pendahuluan
karya ilmiah.
3.
Bagian pengembangan,
pembahasan isi karangan.
4.
Bagian akhir karya
tulis ilmiah, penulisan daftar pustaka, dan penulisan kutipan, dan lampiran.
|
CDT
Diskusi
Penugasan
|
Drs.
Parmono, M.Pd.
|
12
|
05-6-2014
|
1.
Mahasiswa mampu menyebutkan ragam lisan ilmiah.
2.
Mahasiswa mampu membuat sajian lisan berbentuk power point.
3.
Mahasiswa mampu menjawab pertanyaan ketika presentasi.
|
1.
Ragam lisan ilmiah
(Seminar, Workshop)
2.
Presentasi hasil
karya tulisi lmiah.
|
CDT
Diskusi
Penugasan
|
Drs.
Parmono, M.Pd.
|
13
|
12-6-2014
|
1.
Mahasiswa mampu membedakan tulisan/artikel ilmiah dan
polpuler
2.
Mahasiswa mampu membuat tulisan/artikel ilmiah dan polpuler
|
1.
Pengertian tulisan/artikel ilmiah dan popular
2.
Perbedaan tulisan/ artikel ilmiah dan popular
3.
Cara/teknik penulisan ilmiah dan popular
|
CDT
Diskusi
Penugasan
|
Drs.
Parmono, M.Pd.
|
|
09 s.d. 20 Juni 2014
|
UAS
|
PG
URAIAN
|
Drs. Parmono, M.Pd.
&
Ryan Mason, CPO, M.Sc. PO
|
Direktur Ketua
Jurusan
Ortotik Prostetik Jurusan
Ortotik Prostetik
Ani
Nuraeni, S.Kp. M.Kes. Agusni Karma, SKM, M.Si
NIP.
195108261984102001 NIP. 19680881994032005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar