Rabu, 19 Februari 2014

RPP 1 OP



                                                                                            Formulir : IK/B.IND/20/14

JURUSAN ORTOTIK PROSTETIK
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TAHUN AKADEMIK 2013-2014


I.        IDENTITAS MATA KULIAH


MATA KULIAH

:

BAHASA  INDONESIA
KODE
:
OP. 103
BEBAN SKS  
:
2 SKS
PENEMPATAN
:
Semester II
PRASYARAT 
:
Telah Lulus Mk. Smt. I OP
NAMA PENGAJAR     
:
Drs. Parmono, M.Pd.
PERTEMUAN KE
:
1 dan 2
WAKTU        
:
2 x 60 menit.



II.     TUJUAN MATA KULIAH

   Pada akhir perkuliahan peserta didik mampu :
1.      Menerapkan bahasa Indonesia dalam praktik kebidanan.
2.      Mampu menulis dengan bahasa Indonesia dengan kata baku.
3.      Mampu membaca untuk menulis laporan
4.      Mampu berbicara untuk keperluan akademik.


III.       STANDAR KOMPETENSI

Mahasiswa terampil berbahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dan bahasa Negara secara baik dan benar untuk menguasai, menerapkan, dan membandingkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sebagai perwujudan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia yang berprofesi sebagai A.Md. yaitu ahli madya Profesi Ortotik Prostetik.


IV.    KOMPETENSI DASAR (TIU)

Mahasiswa dapat menceritakan secara singkat sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan mahasiswa dapat menjelaskan  secara singkat.

V.       INDIKATOR (TIK)

No
INDIKATOR
ASPEK KOMPETENSI
A
P

1.



2.

Mahasiswa mampu menyebutkan periode  singkat sejarah perkembangan bahasa   Indonesia.


Mahasiswa mampu menulis secara singkat  pengertian bahasa.








VI.    POKOK BAHASAN

1.      Sejarah bahasa Indonesia.
2.      Batasan bahasa.
3.      Hakikat kedudukan bahasa.Indonesia (sikap penutur bahasa)


VII.  METODE

Ceramah
Tanya Jawab
Praktik
Latihan


VIII.   MEDIA, ALAT DAN BAHAN

Bahan fotokopi sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan pengertian bahasa Indonesia skema sejarah bahasa Indonesia Halim dan Yayah (1998), Marhijanto (t.t) Yamilah (1994)


IX.    EVALUASI

Perilaku harian
Sikap harian

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     tugas kelompok
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·     unjuk kerja
·     format pengamatan
·     uraian bebas
·     pilihan gandis
·     isian singkat

·     Nilai praktik


X.       KEPUSTAKAAN

1.      Kepmendiknas No. 043/dikti/kep/2006 Tentang rambu-rambu pelaksanaan kelompok mata kuliah pengembangan kepribadian di Pertgruan Tinggi.
2.      Depdiknas. 2003. Pedoman Umum EYD dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah.
3.      Djuroto. 2005, Menulis Artikel dan Karya Tulis Remaja Rosda Karya.
4.      Yamilah, M. 1994. Bahasa Indonesia untuk kesehatan. PGC.
5.      Tambahkan Buku Sumber yang terbaru.
6.      Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. Kurikulum 2004 Bahasa Indonesia
7.      Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 2003. Contoh silabus dan penilaian
8.      Hatikah, Tika dan Mulyanis.  2003. Membina Kompetensi Berbahasa dan Sastra Indonesia I A. Bandung: Grafindo Media Pratama.
9.      Silberman, Mel. 1996. Active Learning, 101 Strategies to Teach Any Subject. Boston London Toronto Sydney Tokyo Singapore: Temple University.
10.  Simandjuntak dan B. Simorangkir. 1953. Kesusastraan Indonesia 3. Djakarta: Jajasan Pembangunan Djakarta.
11.  Tjahjono, Liberatus Tengsoe. Tanpa  Tahun Terbit. Sastra Indonesia, Pengantar Teori dan Apresiasi. Flores- Ende: Nusa Indah. 


XI.    LANGKAH PEMBELAJARAN

Langkah
  Kegiatan
Waktu (menit)
Pendahuluan

1.   Dosen memberi salam pembuka
2.   Membuka daftar hadir
3.   Menyebutkan pokok bahasan
4.   Dosen menyebutkan tujuan pembelajaran yang dicapai
5.   Dosen menghubungkan materi dengan materi sebelum

15 menit
Inti

1.   Mahasiswa membuat presentasi untuk disajikan di depan kelas.
2.   Mahasiswa memberikan masukan juga pertanyaan tentang kasus tersebut
3.   Dosen memberikan masukan
4.   Mahasiswa melaksanakan simulasi
5.   Dosen memberikan feedback atas kegiatan tersebut


90
menit
Penutup

1.   Dosen melakukan evaluasi secara lisan
2.   Dosen menyimpulkan materii
3.   Salam penutup


15
menit


XII.  CARA KERJA


Kegiatan Awal            :
 Pada awal kegiatan pembelajaran guru menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai siswa. Kemudian guru membagikan kutipan naskah berita dari GEMA meminta siswa membaca naskah berit tersebut dalam hati.
Kegiatan Inti                               :
1.  Kelompok Diskusi
Setelah siswa membaca naskah berita, guru membagi siswa menjadi 5 kelompok, masing-masing beranggotakan 8 orang. Tiap siswa dalam   kelompok diberi bagian materi yang akan didiskusikan dalam kelompok. Misalnya, si A diberikan tugas untuk membahas fakta dari naskah berita tersebut, si B membahas opini, dan si C menentukan isi berita yang terkandung dalam naskah berita tersebut.
Anggota dari masing kelompok yang telah diberikan tugas materi  yang sama dalam diskusi kelompok bertemu dalam kelompok baru  (kelompok ahli) untuk  mendiskusikan materi tersebut. Misalnya, (1) kelompok yang membicarakan fakta, (2) kelompok yang membicarakan opini, dan (3) kelompok yang  membahas isi berita.
Masing-masing kelompok ahli mendiskusikan materi yang telah  diberikan guru, yakni mendiskusikan: (1) fakta, (2) opini, (3)  isi berita, (4) Saran kekurangan, (5) Saran perbaikan, (6) penerapan 5w 1h, (7) penerapan sistem segi tiga terbalik, dan (8)  kaitannya dengan kehidupan masa kini.
Setelah kelompok ahli berdiskusi atau menemukan kesepakatan  bersama, masing-masing kembali pada kelompok semula untuk menyampaikan hasil pembicaraan dengan tim ahli.

2.       Presentasi Hasil Diskusi
a.       Secara bergiliran kelompok ahli mempresentasikan hasil diskusinya, misalnya kelompok ahli  fakta, kelompok ahli opini, dan  kelompok ahli isi berita.
b.       Kelompok ahli lain memberikan tanggapan.

3.       Guru Memberikan Evaluasi
Selama berdiskusi berlangsung, guru memberikan penilaian   terhadap siswa baik secara individu maupun secara kelompok.

Kegiatan Akhir          
Setelah pembelajaran selesai, mahasiswa dengan dibantu guru, menyimpulkan hasil pembelajaran. Misalnya, siswa menentukan fakta, menyampaikan saran, menentukan opini, isi berita, memposisikan 5w 1h, dalam naskah berita tersebut, serta mengaaitkan  dengan kehidupan masa kini.



Jakarta, 20 Februari 2014
Mengetahui,
Ketua Jurusan OP.                                          Koordinator Akademik OP.




Agusni Karma, S.KM, M.Si.                              Ryan Mason, SPO, M.Sc.
NIP. 19680881994032005                            

Tidak ada komentar: