Latihan Soal Diskusi
Semua dikerjakan di Posting Komentar!
1.
Tuliskan nama dan Jururusan
2.
Di dalam isi suatu
teks diskusi terdapat dua pendapat atau argumen. Sebutkan dua pendapat
tersebut!
3.
Apakah yang terdapat
dalam simpulan suatu teks diskusi?
4.
Ciri suatu kalimat
yang kohesif adalah kalimat yang memperhatikan ...
5.
Apa yang dimaksud
dengan kata emotif dalam teks diskusi?
6.
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan diskusi dan jelaskan manfaatnya!
7.
Unsur-unsur apa saja
yang harus ada dalam sebuah diskusi?
8.
Buatlah kalimat
persetujuan dengan alasan yang logis!
9.
Buatlah kalimat
sanggahan dengan alasan yang logis!
10.
Buatlah pertanyaan
dari hasil diskusi “tips mengelola uang saat hidup sendiri”!
11.
Tuliskan syarat-syarat
moderator yang baik!
12.
Tulis dan jelaskan
pihak-pihak yang terlibat dalam suatu diskusi!
13.
Mengapa dalam
memberikan tanggapan harus disertai alasan yang logis?
14.
Hal-hal apa saja yang
perlu dicantumkan dalam rangkuman hasil diskusi?
15.
Apa pengertian teks
diskusi?
16.
Tuliskan struktur teks
diskusi!
17.
Hal apa saja yang
dikemukakan pada bagian pendahuluan suatu teks diskusi?
18.
Apakah persamaan teks
diskusi dengan teks eksposisi?
19.
Mengapa dalam teks
diskusi harus menggunakan bahasa yang kohesif?
20.
Sebutkan kesulitan membuat
karya ilmiah (minimal 5)!
000 SELAMAT MENGERJAKAN TUGAS 000
24 komentar:
1. Tiara Linza Kusyana (Ortotik Prostetik)
2. Pendapat atau argumen setuju (pro) dan pendapat atau argumen tidak setuju (kontra) yang keduanya disertai dengan alasannya serta contoh yang mendukung gagasan.
3. Simpulan argumen dari kedua sisi.
4. Kata rujukan, kata ganti, konjungsi, dan kata hubung dalam kalimat dan paragraph.
5. Kata emotif adalah kata yang mampu melibatkan pikiran pembaca seakan pembaca melihat persoalan seperti yang sedang dipikirkan.
6. Diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau dalam kelompok di mana tujuannya adalah untuk membahas masalah atau topik tertentu untuk menghasilkan kesepakatan pendapat. Manfaat dari diskusi salah satunya menanamkan sikap demokrasi, membiasakan sikap saling menghargai.
7. Moderator, Panelis atau Narasumber, Notulis, dan Peserta Diskusi
8. Saya sependapat dengan pemerintah bahwa setiap anak Indonesia harus bisa merasakan pendidikan tanpa mengalami kesulitan dalam hal apapun itu.
9. Saya tidak setuju dengan ada perkembangan industri teknologi seperti handphone karena menarik anak untuk jarang membaca buku
10. Apakah kegiatan tersebut akan berjalan dengan continue? Seperti yang kita ketahui kegiatan yang seperti itu akan ada rasa malas yang menghambatnya.
11. Mengerti aturan diskusi, sabar, rendah hati, dan menguasai pendapat setiap pembicara, Jujur, ramah dan tidak berat sebelah, Dapat menghidupkan suasana diskusi, Dalam memberikan tanggapan selalu bersifat obyektif
12. 1. Moderator : pemimpin diskusi atu pengendali diskusi 2. Peserta (audience) : satu kelompok atau dapat dibagi beberapa kelompok 3. Peninjau : Penyelenggara atau Pembina 4. Pengunjung : pemerhati atau hanya sebagai penonton
13. Dengan memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14. Judul diskusi, pembicara diskusi, moderator, notulis, waktu diskusi, peserta diskusi, acara, kesimpulan
15. Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16. 1. Isu, 2. Argumen, 3. Simpulan atau saran
17. Pernyataan untuk membatasi topik. Latar belakang topik. Sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18. Keduanya sama sama teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat
19. Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya.
20. Kesulitan dalam temuan topic atau ide untuk menulis, kurangnya kepercayaan diri menulis, kesulitan untuk mulai menulis, kurang menguasai topik yang dibahas di karya ilmiah yang sedang dibuat, kurang membaca literature.
1.Diska Daniswari Choklatiana-OP
2.pro dan kontra
3.hasil kesimpulan rekomendasi atau solusi dr permasalahan yg dibahas
4.persatuan dlm sebuah paragraf akan terpunuhi apabila informasi dlm paragraf itu dikendalikan oleh gagasan utama
5.merupakan kosakata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bisa membuat orang tersulut emosi kala mendengar atau membacanya.
6.diskusi adalah suatu interakti Komunikasi yg terjadi antara dua orang atau secara berkelompok dmn tujuan annya untuk membahas suatu tema atau topik tertentu.
Fungsi:sebagai wadah yg dpt membantu pemecahan mslh secara bersma".sebagai wadah untuk melatih kemampuan daya berfikir dan berbicara didpn umum
7.unsur manusia, materi diskusi dan fasilitas diskusi
8.saya sangat setuju dengan keputusan yg tlh kau ambil untuk keluarga mu.
9.saya sangat tdk setuju dengan keputusan yg telah kau ambil untuk keluarga mu
10.apa manfaat dari mengelola uang sendiri?
11.-sopan
-sabar
-mempunyai minat yg tinggi
12.moderator;yg memandu. penyaji:yg menyediakan bahan diskusi. Notulis;mencatat hal"penting.peserta;yg mengikuti kegiatan diskusi
13.agar para audiens bisa menerima alasan yg kita menanggapi.
14.judul.pembicara diskusi. Moderator. Notulis. Hasil diskusi. Peserta diskusi.
15.teks diskusi merupakan teks yg berisi pendapat kedua blh pihak yaitu pro dn kontra
16.isu
-argumen mendukung
-argumen menentang
-kesimpulan
17.menyajikan gambaran awal ttg informasi atau isu yg dibahas.
18.sama sama memiliki argumen
19.agar isinya saling terkait satu sama lain
20.-kurang membaca literatur
-tdk mengecek ulang tulisan
-plagiasi
-tdk menguasai topik
-prokrastinating
1. Mazaya ilahi ortotik prostetik
2.pro dan kontra
3.kesimpulan atau sulusi dari pemasalahan tersebut
4.keasatuann dalam sebuah paragraf akan terpenuhi apabila informasi dikendalikan olh gagasan utama.
5.merupakan kosa kata yg berhubungan dgn emosi dan perasan dan bisa membuat orang tersulut emosi saat mendengar.
6.suatu interaksi komunikasi yangvterjadi antaa dua orang atau scr berkelompok tujuannya untuk membahas suatu tema atau topik tertentu
-sebagai wadah untuk mengembangkan diri dengan meningkatkan kemampuan berfikir
- membantu dalam mewujudkan proses kreatif dan analitis
7.unsur manusia,unsur materi diskusi,fasilitas diakusi
8.saya sangat setuju dengan oilihan cat warna tersebut.
9.saya tidak setuju dengan pilihan cat warna tersebut.
10.apa krndala yang kamu kendalikan saat kamu mengelolah uang sediri ?
11.harus sabar sopan dan bahasannya lugas
12.moderator: yang memandu
Penyaji:menyajikan bahan diskusi
Notulis: mencatat hasil
Peserta : yang mengikuti kegiatan diskusi
13.agar para audience bisa menerima alasan kita menanggapi atau tujuan kita
14.judul
Pembicara diskusi
Moderator
Notulis
Waktu diskusi
Peserta diskusi
Acara
Kesimpulan
15.merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak yaitu pro dan kontra.
16isu
Argumen mendukung
Argumen menentang
Kesimpulan
17.menyajikan gambaran awal tentang informasi atau isu yang dibahas.
18.sama sama memiliki argumen
19.1agar isinnya terkait satu sama lain
20.kurang membaca literatur
Tidak mengecek ulang tulisan
Plagiasi
Tidak menguasai topik
Procrastinating
1. Citra Nur Ayu Lestari, OP Intake 13
2. Pendapat pro dan kontra
3. Hasil kesimpulan rekomendasi atau solusi dari permasalahan
4. Persatuan dalam sebuah paragraf akan terpenuhi apabila informasi dalam paragraf itu dikendalikan oleh gagasan utama
5. Merupakan kosa kata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bisa membuat orang tersulap emosi dikala mendengarnya
6. Suatu interaktif komunikasi yang terjadi antara 2 orang atau secara berkelompok, dimana tujuannya membahas suatu tema atau topik tertentu
Manfaat: -sebagai wadah yang dapat membantu pemecahan masalah secara bersama sama
-sebagai wadah melatih kemampuan daya berfikir yang berbicara didepan umum
7. -unsur manusia
-unsur materi diskusi
-unsur fasilitas diskusi
8. Saya sangat setuju dengan keputusan yang telah kau ambil untuk keluargamu
9. Saya tidak setuju dengan keputusan yang telah kau ambil untuk keluargamu
10. Apa manfaat dari mengelola duit sendiri
11. Harus sopan, sabar, dan mempunyai minat yang tinggi
12. Moderator yaitu yang memandu
Penyaji yaitu menyediakan bahan diskusi
Notulis yaitu mencatat hal yang penting atau kesimpulan
Peserta yaitu yang mengikuti kegiatan diskusi
13. Agar para audiens bisa menerima alasan kita yg ditanggapi
14. Judul, pembicara diskusi, moderator, notulis, waktu diskusi, peserta diskusi
15. Merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak yaitu pro dan kontra
16. Isu
Argumen mendukung
Arguman menentang
Kesimpulan
17. Menyajikan gambaran awal tentang informasi atau isu yang dibahas
18. Sama sama memiliki argumen
19. Agar isinya saling terkait satu sama lain
20. Kurang membaca literatur, tidak mengecek ulang tulisan, plagiasi, tidak menguasai topik, prokrastinating
1. Raudha Assyarifah Ortotik Prostetik
2. (1). Pendapat mendukung (Pro) adalah pendapat/ opini yang menyetujui/ sepakat/ mendukung dan disertai oleh bukti dan alasan. (2). Pendapat menentang (Kontra) adalah pendapat/ opini yang tidak setuju/ menentang dan disertai bukti dan alasan.
3. Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas.
4. Ciri suatu kalimat yang kohesif adalah kalimat yang memperhatikan kalimat-kalimatnya, apakah kalimat itu yang ditulisnya itu berhubungan erat dengan gagasan utama atau tidak.
5. Kata emotif merupakan kosakata yang berhubungan dengan emosi/ perasaan dan dapat menyulut emosi orang yang mendengar maupun membacanya.
6. Diskusi merupakan interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih dalam kelompok dimana tujuannya adalah untuk membahas masalah atau topik tertentu untuk menghasilkan kesepakatan. Manfaat diskusi yaitu;
6. · Menanamkan sikap demokrasi
6. · Membiasakan sikap saling menghargai
6. · Mengembangkan daya berfikir
6. · Melatih kemampuan berbicara
6. · Mengembangkan pengetahuan dan pengalaman
6. · Mewujudkan proses kreatif dan analitis
6. · Mengembangkan kebebasan pribadi
6. · Melatih kemampuan berbicara di depan umum, dan lain-lain.
7. Moderator, panelis/narasumber, notulis, dan peserta diskusi.
8. Indonesia merupakan Negara kepulauan, yang memiliki ribuan pulau di dalamnya. Indonesia merupakan Negara yang kaya. Indonesia diminati karena kekayaan sumber daya alamnya, dan tanahnya yang subur.
8. Indonesia mencintai perdamaian, terbukti dari hadirnya Indonesia, dalam mengemban tugas Negaranya, dikala terjadi perikaian pada suatu Negara. Indonesia tidak pernah menggunakan cara-cara kekerasan, untuk meyelesaikan konflik disuatu Negara.
9. Pendalaman materi menjelang ujian nasional memang sangat penting, namun pengadaan pendalaman materi yang terlalu sering dapat menjadi tidak efektif bagi para siswa.
10. Bagaimana cara agar tidak boros? Bagaimana Kalau ada keperluan mendadak?
11. mampu menghidupkan suasana diskusi dan mampu mengendalikan suasana jika ada argumen yang mengarah pada perselisihan.
12. Moderator : pemimpin diskusi atu pengendali diskusi.
12. Peserta (audience) : satu kelompok atau dapat dibagi beberapa kelompok.
12. Peninjau : Penyelenggara atau pembina.
12. Pengunjung : pemerhati atau hanya sebagai penonton.
13. Untuk memudahkan orang lain agar dapat mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14. judul diskusi, pembicara diskusi, moderator, notulis, waktu diskusi, peserta diskusi, acara, dan kesimpulan.
15. Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16. 1. Isu/masalah, 2. Argumen/pendapat (pendukung dan penentang), 3. Simpulan/saran.
17. Pernyataan untuk membatasi topik. Latar belakang topik. Sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18. Sama sama memiliki argumen
19. Agar pembahasan tidak out of topic/ keluar dari topik diskusi.
20. Menentukan tema, menentukan judul, menulis abstract, menulis bab 1, dan minimnya sumber materi.
1. Kurnia Bintang Rezeki
2. - Pendapat mendukung (pro)
- Pendapat menentang (kontra)
3. berisi simpulan dan saran mengenai topik yang ditengah dibahas dalam teks diskusi Pernyataan yg tidak memiliki tendensi kepada suatu pihak dan merupakan jalan tengah dari isu yg di diskusikan.
4.Persatuan dalam sebuah paragraf akan terpenuhi apabila informasi dalam paragraf itu dikendalikan oleh gagasan utam
5. Kata emotif adalah kata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bermakna konotasi
6. Diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau dalam kelompok
Manfaat : - Menanamkan sikap demokrasi
- Membiasakan sikap saling menghargai
- Mengembangkan daya berfikir
- Melatih kemampuan berbicara
7. 1. Moderator
2. Panelis atau Narasumber
3. Notulis
4. Peserta diskusi
8. “Saya setuju dengan pendapat anda jika memiliki rasa percaya diri dapat memudahkan kita"
9. ''Menurut saya,alasan yang dikemukakan anda sangat bagus. Tetapi ada beberapa aspek penilaian yang tidak diikutsertakan di dalamnya''
10.Apakan kamu sudah mencatat,apa saja pengeluaran uangmu setiap harinya?
11. 1. Sebagai moderator kita harus sopan.
2. Sebagi moderator kita harus sabar.
3. Dapat menghidupkan suasana diskusi.
12. 1. Moderator
-membuka diskusi
-perkenalan
-latar belakang
-mengatur jalannya diskusi
-membaca simpulan diskusi
-menutup diskusi
2. Tugas Penyaji
-menyusun makalah berdasarkan refresnsi yang mutakhir
-menyajikan materi
-menanggapi atau menerima pertanyaan.
3. Tugas Notulis
-menulis pokok-pokok diskusi
-mencatat hal-hal khusus
-membuat simpulan
-membuat laporan lengkap hasil diskusi
4.Peserta
-mematuhi aturan diskusi l.
-berbicara dengan sopan, jelas dan tidak berbelit belit .
-menghargai pendapat orang lain.
13. Agar tanggapan yang kita berikan itu dipercaya oleh orang yang kita beri tanggapan.
14. - Gagasan pokok yang terdapat dalam makalah
- tanggapan dari para peserta
- Tanggapan pembicara
- Kesimpulan yang dihasilkan
15. Teks diskusi adalah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (pro dan kontra).
16. - isu
- Argumen menentang
-Argumen Mendukung
-Kesimpulan
17. - Pernyataan untuk membatasi topik.
- Latar belakang topik.
- Sudut pandang berbeda yang akan dibahas
18. Sama sama teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat
19. Karena digunakan untuk menghubungkan gagasan atau untuk menunjukkan perubahan pendapat.
20. - menentukan judul yang ingin dibahas
- menentukan topik
- dalam menemukan ide
- sulit untuk memilih kata
- tidak mudah menguasai topik yang dibahas
1. Salsabila Laili Nur Rohmah (ortotik prostetik)
2. Pendapat argumen setuju atau tidak setuju
3. Kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas.
4. Kata rujukan,kata ganti, kata konjungsi
5. kata emotif yaitu melibatkan pikiran pembaca .
6. Diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau dalam kelompok di mana tujuannya adalah untuk membahas masalah atau topik tertentu untuk menghasilkan kesepakatan pendapat. Manfaat diskusi Menanamkan sikap demokrasi,Membiasakan sikap saling mengharga,Mengembangkan daya berfikir, Melatih kemampuan berbicara.
7. Moderator,panelis atau narasumber,notulis,peserta diskusi
8. Saya setuju dengan pendapat Anda.
9.Menurut saya, pendapat yang menyatakan matematika mudah dipahami tidaklah tepat karena tidak semua orang bisa memahami matematika.
10. bagaimana cara menggunakan sisa uang jajan mu tiap hari?
11. bisa mengendalikan suasana jika ada argumen yang mengarah pada perselisihan
12. Moderator orang yang bertanggung jawab untuk memimpin diskusi
Panelis atau Narasumber adalah orang yang akan memberikan materi selama diskusi.
Notulis bertanggung jawab untuk merekam jalannya setiap diskusi dari awal hingga akhir.Peserta diskusi adalah orang-orang yang terlibat dalam diskusi.
13. Dengan memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14.Rangkuman hasil diskusi ditulis dalam sebuah NOTULEN yang berisi hal-hal sebagai berikut:
1) judul diskusi
2) pembicara diskusi
3) moderator
4) notulis
5) waktu diskusi
6) peserta diskusi
7) acara
8) kesimpulan
15.merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16. Isu, argumen, simpulan.
17. Pernyataan untuk membatasi topik, latar belakang topik, sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18. Sama-sama menjelaskan pendapat dan keyakinan penulis.
19. agar isinya saling terkait satu sama lain.
20. Kurangnya pemahaman dalam menulis, kesulitan dalam menentukan ide, kurangnya membaca
1. Ardian Kurniawa Rosiadi
2. -Pendapat mendukung (Pro) adalah pendapat yang menyetujui atau mendukung
dan disertai oleh bukti dan alasan.
-Pendapat menentang (Kontra) adalah pendapat menentang dan disertai bukti
dan alasan.
3. Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau
solusi dari permasalahan yang dibahas. Hasil diskusi haruslah berisi
rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi.
Rekomendasi yang dihasilkan sebaiknya merupakan jalan tengah untuk
berbagai pihak.
4. ciri- cirinya adalah Kata rujukan, kata ganti, konjungsi, dan kata hubung
dalam kalimat dan paragraph.
5. kata emotif adalah kata yang melibatkan pikiran pembaca seakan pembaca
melihat persoalan seperti yang kita pikirkan. misalnya ganas, unik, liar,
buas, berharga, istimewa, kumal, menakjubkan, berbahaya, brutal, sejuk,
lembut.
6. Diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau
dalam kelompok di mana tujuannya adalah untuk membahas masalah atau topik
tertentu untuk menghasilkan kesepakatan pendapat. Manfaat dari diskusi
salah satunya menanamkan sikap demokrasi, membiasakan sikap saling
menghargai.
7. -unsur manusia
-unsur materi
-unsur fasilitas
8. Berpendapat memang hak setiap orang, akan tetapi tetap harus
memperhatikan batasan yang berlaku. Saya sepaham dengan hal tersebut.
9. Sebenarnya kami tidak setuju dengan rencana Kepala Desa mencalonkan
kembali pada pemilihan Kades tahun ini, akan tetapi itu juga merupakan
hak setiap orang untuk berkontribusi dalam pemilihan ini, baik sebagai
pemilih atau orang yang dipilih.
10. sudahkah kamu mencatat tiap pendapatan dan pengeluaran uangmu tiap
harinya?, sebaiknya kamu membuat data pendapatanmu dan data
pengeluaranmu dulu agar lebih mudah.
11. -harus sopan
-harus sabar
-mempunyai minat yang tinggi terhadap forum yang dibawahinya.
12. -Moderator: pemimpin diskusi atu pengendali diskusi
-Peserta (audience) : satu kelompok atau dapat dibagi beberapa kelompok
-Peninjau : Penyelenggara atau pembina
- Pengunjung : pemerhati atau hanya sebagai penonton
13. karena dengan alasan yang logis kita bisa membuat anggota diskusi
menjadi percaya dengan pendapat kita.
14. -judul diskusi
-pembicara diskusi
-moderator
-notulis
-waktu diskusi
-peserta diskusi
-acara
-kesimpulan
15. Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu
pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah
yang menjadi pembahasan diskusi.
16. -isu
-Argumen Pendukung
-Argumen Penentang
-kesimpulan
17. -pernyataan untuk membatasi topik
-latar belakang
-sudut pandang berbeda yang akan dibahas
18. Keduanya adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat
19. Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait
satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan
lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya.
20. kesulitan mencari judul, kesulitan untuk menentukan kata-kata yang tepat,kurang memahami isi topik, menentukan latar belakang, menentukan isi karya tulis ilmiah.
1. Ghijiyah Wulandari
Ortotik Protestik
2. pro dan kontra
3. Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas.
4.Persatuan dalam sebuah paragraf akan terpenuhi apabila informasi dalam paragraf itu dikendalikan oleh gagasan utama
5. Kata emotif adalah kata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bermakna konotasi
6. Diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau dalam kelompok
Manfaat : - Menanamkan sikap demokrasi
- Membiasakan sikap saling menghargai
- Mengembangkan daya berfikir
- Melatih kemampuan berbicara
7. 1. Moderator
2. Panelis atau Narasumber
3. Notulis
4. Peserta diskusi
8. Saya setuju dengan keputusan yang kamu buat dengan temanmu
9. Saya tidak setuju dengan keputusan yang kamu buat dengan temanmu
10.Apakan kamu sudah mencatat,apa saja pengeluaran uangmu setiap harinya?
11. 1. Sebagai moderator kita harus sopan.
2. Sebagi moderator kita harus sabar.
3. Dapat menghidupkan suasana diskusi.
12. 1. Moderator
-membuka diskusi
-perkenalan
-latar belakang
-mengatur jalannya diskusi
-membaca simpulan diskusi
-menutup diskusi
2. Tugas Penyaji
-menyusun makalah berdasarkan refresnsi yang mutakhir
-menyajikan materi
-menanggapi atau menerima pertanyaan.
3. Tugas Notulis
-menulis pokok-pokok diskusi
-mencatat hal-hal khusus
-membuat simpulan
-membuat laporan lengkap hasil diskusi
4.Peserta
-mematuhi aturan diskusi l.
-berbicara dengan sopan, jelas dan tidak berbelit belit .
-menghargai pendapat orang lain.
13. Agar tanggapan yang kita berikan itu dipercaya oleh orang yang kita beri tanggapan.
14. - Gagasan pokok yang terdapat dalam makalah
- tanggapan dari para peserta
- Tanggapan pembicara
- Kesimpulan yang dihasilkan
15. Teks diskusi adalah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (pro dan kontra).
16. - isu
- Argumen menentang
-Argumen Mendukung
-Kesimpulan
17. - Pernyataan untuk membatasi topik.
- Latar belakang topik.
- Sudut pandang berbeda yang akan dibahas
18. Sama sama teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat
19. Karena digunakan untuk menghubungkan gagasan atau untuk menunjukkan perubahan pendapat.
20. - menentukan judul yang ingin dibahas
- menentukan topik
- dalam menemukan ide
- sulit untuk memilih kata
- tidak mudah menguasai topik yang dibahas
1. Salsabila Laili Nur Rohmah (ortotik prostetik)
2. Pendapat argumen setuju atau tidak setuju
3. Kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas.
4. Kata rujukan,kata ganti, kata konjungsi
5. kata emotif yaitu melibatkan pikiran pembaca .
6. Diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau dalam kelompok di mana tujuannya adalah untuk membahas masalah atau topik tertentu untuk menghasilkan kesepakatan pendapat. Manfaat diskusi Menanamkan sikap demokrasi,Membiasakan sikap saling mengharga,Mengembangkan daya berfikir, Melatih kemampuan berbicara.
7. Moderator,panelis atau narasumber,notulis,peserta diskusi
8. Saya setuju dengan pendapat Anda.
9.Menurut saya, pendapat yang menyatakan matematika mudah dipahami tidaklah tepat karena tidak semua orang bisa memahami matematika.
10. bagaimana cara menggunakan sisa uang jajan mu tiap hari?
11. bisa mengendalikan suasana jika ada argumen yang mengarah pada perselisihan
12. Moderator orang yang bertanggung jawab untuk memimpin diskusi
Panelis atau Narasumber adalah orang yang akan memberikan materi selama diskusi.
Notulis bertanggung jawab untuk merekam jalannya setiap diskusi dari awal hingga akhir.Peserta diskusi adalah orang-orang yang terlibat dalam diskusi.
13. Dengan memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14.Rangkuman hasil diskusi ditulis dalam sebuah NOTULEN yang berisi hal-hal sebagai berikut:
1) judul diskusi
2) pembicara diskusi
3) moderator
4) notulis
5) waktu diskusi
6) peserta diskusi
7) acara
8) kesimpulan
15.merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16. Isu, argumen, simpulan.
17. Pernyataan untuk membatasi topik, latar belakang topik, sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18. Sama-sama menjelaskan pendapat dan keyakinan penulis.
19. agar isinya saling terkait satu sama lain.
20. Kurangnya pemahaman dalam menulis, kesulitan dalam menentukan ide, kurangnya membaca
1. Siti haniyah ortotik prostetik
2. Argumen dalam teks diskusi adalah berbagai pendapat yang ada mengenai permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Pendapat tersebut dapat berupa pendapat yang menetang atau pendapat yang mendukung.
3. Simpulan argumen
4. Keserasian hubungan antara unsur yang satu dengan yang lain dalam wacana sehingga terciptalah pengertian yang koheren. Kohesi merujuk pada perpautan bentuk, sedangkan koherensi pada perpautan makna.
5. Kosakata emotif merupakan kosakata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bisa membuat orang tersulut emosi kala mendengar atau membacanya.
6. Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.manfaat diskusi adalah membiasakan sikap saling menghargai.
menanamkan sikap demokrasi, mengembangkan daya berfikir, mengembangkan pengetahuan dan pengalaman.
7.moderator, panelis, notulis , peserta diskusi.
8. Saya setuju adanya pembangunan pabrik di dekat pantai,karena bisa menambahkan lowongan pekerjaan bagi si pencari kerja
9. Saya tidak setuju adanya pembangunan pabrik di dekat pantai karna limbahnya dapat saja dibuang ke laut dan dapat menyebabkan ikan ikan dan yg lainya mati.
10.bagaimana cara mengelola uang saat hidup sendiri?
11.moderator adalah orang yang bertanggung jawab untuk memimpin diskusi. Seorang moderator harus mampu menghidupkan suasana diskusi. Namun, dia juga harus bisa mengendalikan suasana jika ada argumen yang mengarah pada perselisihan.
12.moderator, notullen / notulis , peserta diskusi, penyaji
13. Dengan memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14.judul diskusi, pembicara diskusi, moderator, notulis, waktu diskusi, peserta diskusi, acara, kesimpulan.
15.diskusi adalah interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau dalam kelompok di mana tujuannya adalah untuk membahas masalah atau topik tertentu untuk menghasilkan kesepakatan pendapat.
16.teks diskusi mempunyai 4 struktur diantaranya yaitu isu, argumen mendukung, argumen menolak dan terakhir ialah kesimpulan.
17.dalam teks diskusi, bagian pendahuluan adalah bagian pertama setelah judul dan menyajikan gambaran awal tentang informasi atau isu yang dibahas pada bagian isi.
18.keduanya sama sama teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat
19.teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya
20.malas, suka menunda, kurang mengetahui seluk-beluk dan kurang pengalaman menulis karya ilmiah, tidak/kurang menguasai topik yang dibahas di karya ilmiah yang sedang dibuat, kurang membaca literatur.
1. Belva lativa putri erwinsyah (ortotik prostetik)
2. Pendapat atau argument yang menyetujui ( pro)
Pendapat atau argument yang tidak menyetujui ( kontra )
3. Kesimpulan dari isi materi diskusi dan argument dari kedua sisi
4. Kata rujukan, kata ganti, dan konjungsi dalam sebuah kalimat dalam paragraph
5. Merupakn kosakata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bisa membuat orang tersulut emosi saat mendengan atau membacanya
6. Sebuah interaksi komunikasi antara 2 orang atau lebih. Manfaatnya adalah dapat menanamkan sifat demokrasi dan saling menghargai pendapat.
7. Moderator, notulis, narasumber, dan peserta diskusi
8. Saya setuju bahwa setiap masalah bisa diselesaikan dengan kepala dingin, tanpa kekerasan.
9. Saya tidak setuju jika harus menyelesaikan masalah dengan kekerasan
10. Bagai mana cara kita mengatur uang saat keadaan darurat ?
11. Mengerti aturan diskusi, sabar ramah, dapat menghidupakan suasana diskusi, jujur, tidak berat sebelah, dapat memberikan tanggapan yang bersifat objektif
12. 1. Moderator : sebagai pengendali diskusi
2. peserta diskusi : kelompok yang akan berdiskusi
3. peninjau : Pembina
4. pengunjung : pemerhati atau penonton
13. Agar orang lain dapat memahami maksud yang kita bicarakan
14. Judul diskusi, narasumber, moderator, notulis, peserta, durasi, susunan acara, dan kesimpulan
15. Pendapat kedua belah pihak, yang menyetujui dan tidak, dan membicarakan tentang masalah itu menjadi pembahasan diskusi
16. 1. Isu 2. Argumem 3. Simpulan dan saran
17. Pernyataan untuk membatasi topik. Latar belakang topik. Sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18. Sama sama teks yang menyampaikan pendapat
19. Agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya
20. Sulit mencari ide atau topic yang akan dibahas
Sulit menemukan rumusan masalah
Kurang percaya diri dalam menulis
Kurang menguasai topic bahasan
Kurang membaca
1. Sabrina Hasan ( Orthotic Prosthetic )
2. pendapat pendukung (Pro) dan pendapat menentang (Kontra) .
3. Bagian simpulan Teja diskusi berisi simpulan dan saran mengenai topik yang ditengah dibahas dalam teks diskusi Pernyataan yg in tidak memiliki tendensi kepada suatu pihak dan merupakan jalan tengah dari isu yg di diskusikan.
4. Penggunaan konjungsi,Pengulangan kata/repetisi,Penggunaan kata ganti (pronomina),Penggunaan hiponim.
5. *Kata emotif* adalah kata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bermakna konotasi
6. *diskusi* adalah suatu interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau secara berkelompok dimana tujuannya untuk membahas suatu tema atau topik tertentu sehingga menghasilkan suatu kesepakatan pendapat. *Manfaatnya :*
- Sebagai wadah yang dapat membantu pemecahan masalah secara bersama-sama.
- Sebagai wadah untuk mengembangkan diri dengan meningkatkan kemampuan berpikir, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
- Sebagai wadah untuk melatih kemampuan daya berpikir dan berbicara di depan umum.
- Membantu dalam mewujudkan proses kreatif dan analitis para peserta diskusi.
- Sebagai wadah untuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman para peserta diskusi.
7. *Unsur diskusi :*
1. Unsur manusia, seperti moderator atau pemimpin diskusi, penyaji/narasumber/pembicara/pemrasaran/notulis/sekretaris, dan anggota diskusi.
2. Unsur materi, seperti topik diskusi atau permasalahan, tujuan atau sasaran.
3. Unsur fasilitas, teperti ruangan/tempat, perlengkapan, misalnya meja, kursi, papan tulis, dan kertas.
8. *Persetujuan*:
Saya sependapat dengan keputusan warga untuk
meminta sumbangan seikhlasnya terhadap pengemudi truk yang melewati jalan desa ini.
9. *Sanggahan* Sebenarnya saya setuju dengan pilihan desain dan warna perabotan rumah ini. Tetapi akan lebih baik jika semuanya dibicarakan terlebih dahulu dengan pemilik rumah, bukan asal ambil keputusan.
10. bagaimana caramu menggunakan sisa uang jajan mu tiap hari?
11. 1.sabar, rendah hati, dan menguasai pendapat setiap pembicara
2. Jujur, ramah dan tidak berat sebelah
3. Dapat menghidupkan suasana diskusi
4. Dalam memberikan tanggapan selalu bersifat obyektif
12. 1. Moderator : pemimpin diskusi atu pengendali diskusi
2. Peserta (audience) : satu kelompok atau dapat dibagi beberapa kelompok
3. Peninjau : Penyelenggara atau pembina
4. Pengunjung : pemerhati atau hanya sebagai penonton.
13. Dengan memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14. 1) judul diskusi
2) pembicara diskusi
3) moderator
4) notulis
5) waktu diskusi
6) peserta diskusi
7) acara
8) kesimpulan
15. *Teks diskusi* merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16.Teks diskusi memiliki 4 struktur, diantaranya yaitu isu, argumen mendukung, argumen menolak, dan terakhir adalah kesimpulan.
17. DALAM TEKS DISKUSI, BAGIAN PENDAHULUAN ADALAH BAGIAN PERTAMA SETELAH JUDUL DAN MENYAJIKAN GAMBARAN AWAL TENTANG INFORMASI ATAU ISU YANG DIBAHAS PADA BAGIAN ISI.
18. Teks diskusi dan eksposisi sama2 memilikin argumen, namun argumen pada eksposisi merupakan sumber atau rujukan berita yg berisi ttg wawasan yg dibicarakan. sedangkan diskusi terdapat argumen menentang dan mendukung yang berasal dri berbagai sumber yg berbeda pendapat.
19. Alasan dalam teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi adalah sebagai berikut. Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya.
20. Kurang berpengalaman, kurang menguasai topik yang di bahas, kurang membaca literatur, tidak menegecek ulang tulisan, tidak tersedia literatur yang memadai.
1. Anisya Aulia Fajri Ortotik Prostetik
2. Ada 2 jenis argumen yaitu mendukung/setuju (pro) dan juga menolak/tidak setuju (kontra)
3. Simpulan dalam teks diskusi adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang dibahas.
4. Memperhatikan Pronomina (kata ganti), Konjungsi (kata hubung), Elipsis, dan Substitusi pada kalimat.
5. Kata emotif merupakan kosakata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan
bisa membuat orang tersulut emosi kala mendengar atau membacanya.
6. Diskusi adalah terjadinya interaksi antara 2 orang atau lebih, dalam bentuk pengetahuan, musyawarah, ataupun ilmu tertentu yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar dengan cara bertukar pikiran atau pendapat. Manfaatnya adalah:
1.Melatih kemampuan berpikir setiap anggota/peserta diskusi sehingga pikiran menjadi luas dan tidak terbatas.
2.Menanamkan sikap demokrasi karena anda akan terbiasa mengemukakan pendapat saat sedang berdiskusi.
3.Membiasakan sikap saling menghargai, pendapat atau argumen yang muncul saat berdiskusi membuat kita akan menghargai setiap pendapat atau pemikiran setiap orang yang berbeda-beda.
4. Menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman, hal itu bisa dilihat dari bertambahnya wawasan kita dari hasil pemikiran dan topik-topik yang telah dibahas selama diskusi berlangsung.
5. Mengasah kemampuan berpikir yang kreatif dan analitis karena otak dibiasakan untuk berpikir saat diskusi.
7. Unsur manusia yang meliputi seorang moderator atau pemimpin diskusi, notulen, dan peserta diskusi, materi yang akan dibahas saat diskusi, & unsur tempat atau fasilitas yang digunakan saat berdiskusi misalnya ruangan untuk menampung banyak orang lengkap dengan meja, kursi, papan tulis, serta kertas untuk mencatat.
8. Saya setuju dengan langkah yang diambil pemerintah untuk melakukan PSBB. Karena melihat jumlah penduduk terinfeksi virus Corona yang terus meningkat, sangat fatal jika masyarakat masih dibebaskan keluar rumah.
9. Saya tidak setuju dengan pendapat Anda yang menyatakan bila penggunaan gadget sejak dini itu sangat bermanfaat. Karena pada kenyataannya, penggunaan gadget sejak kecil bisa menimbulkan kecanduan, merusak kesehatan mata serta syaraf otak, dan merusak mental anak.
10. Mengapa kita harus mengelola uang jajan saat hidup sendiri?
11. Bahasa yang digunakan baik, lugas, dan sopan, tidak memihak, dan menguasai materi.
12. – Moderator, mengatur dan memandu jalannya diskusi
- Pemateri, membcakan atau membawakan materi yang dibahas
- Notules, menulis laporan jalannya diskusi serta kesimpulannya
- Peserta, menyimak dan memahami materi yang disampaikan serta
memberi pertanyaan maupun sanggahn dgn alasan logis.
13. Karena dalam diskusi kita berargumen berdasarkan fakta bukan berdasarkan ego maupun gengsi.
14. Kesimpulan atau pokok materi diskusi, pertanyaan atau saran segala pihak dalam diskusi, dan tanggapan atau jawaban segala pihak dalam diskusi
15. Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16. Judul, Isu/masalah, Pendapat pro, Pendapat kontra, Simpulan.
17. Gambaran awal yang tentang informasi atau isu yang akan dibahas pada bagian isi.
18. Menjelaskan pendapat dan keyakinan penulis, memerlukan fakta yang diperkuat atau diperjelas dengan angka, peta, statistik, grafik, gambar, dan lain-lain, teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat, dan memerlukan analisis dan sintesis pada waktu mengupas sesuatu. Dan sama-sama menggali sumber ide melalui:
– pengalaman dan daya khayal tidak digunakan
– pengamatan dan penelitian
– sikap dan keyakinan
19. Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya.
20. Plagiarism, kurang menguasai topik bahasan, kurang literasi, jurnal atau sumber informasi yang terbatas, malas mengoreksi.
1) Meissya Ardiana Jurusan Ortotik Prostetik
2) Pihak pendukung (Pro/afirmasi) yang dimana pihak ini memberikan dukungan atas konteks diskusi dan pihak penentang (kontra/oposisi) adalah pihak yang memberikan bukti dan argumen yang menentang suatu konteks diskusi
3) Dalam teks kesimpulan dari suatu diskusi berisikan tentang inti permasalahan/pembicaraan, hasil diskusi, solusi dari diskusi, dan rekomendasi isinya mendukung atau memperbaiki beberapa kerancuan pada diskusi tersebut.
4) Penggunaan Konjugasi, Penggunaan kata/repetisi, Penggunaan kata ganti (pronomina), dan Penggunaan hiponim
5) Maksud kata emotif adalah kata yang mampu mengajak para pemabaca seakan melihat persoalan sejalan dengan yang kita pikirkan. Contoh : yakin, percaya, pikir, ragu, harap, dll.
6) Diskusi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guna memahami persepsi orang lain, dengan cara bertukar pikiran, menerima pendapat orang lain, memaparkan pendapat, mengajukan pertanyaan, atau menyanggah argumen pembicara lain (dengan sopan), yang nantinya akan memberikan manfaat seperti penyelesaian sebuah masalah, memperluas pola pikir, menghargai pendapat, dan bisa juga melatih rasa percaya diri untuk menyampaikan argumen.
7) Unsur diskusi terbagi menjadi tiga, yaitu Unsur manusia, Unsur materi, dam Unsur fasilitas
8) Saya setuju dengan adanya kelas yang mengedepankan konsep diskusi dibandingkan dengan konsep ceramah, kelas yang menerapkan konsep diskusi mampu melatih mahasiswa sebagai pembicara yang baik, sebagai pemikir yang baik, dan juga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang materi yang dibahas.
9)Saya kurang setuju atas pendapat bahwa home schooling lebih baik dari sekolah formal. karena pada dasarnya pendidikan sekolah terkhusus dari SD hingga SMA merupakan wadah untuk para murid mengasah kemampuan diri mereka, baik dalam bidang sosial maupun pendidikan. pada kegiatan home schooling para murid tidak mendapatkan pendidikan bersosial, dan tidak dapat mengikuti kegiatan ektrakurikuler seperti di sekolah formal.
10) Solusi apa agar kita dapat merotsi uang yang kita miliki agar bermanfaat dengan baik?
11) sopan, sabar, bersifat netral, memberikan perhatian penuh terhadap materi pembicaraan, cepat tanggap, dan mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat
12) Moderator, Peserta (audience), Peninjau, dan Pengunjung
13) Tanggapan dengan alasan yang logis akan memberikan kesan yakin kepada para audience
14)judul diskusi, pembicara diskusi, moderator, notulis, waktu diskusi, peserta diskusi, acara, Pertanyaan dari audience dan jawaban, kesimpulan
15)Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16)Teks diskusi memiliki 4 struktur, diantaranya yaitu isu, argumen mendukung, argumen menolak, dan terakhir adalah kesimpulan.
17) Hal-hal yang dikemukakan pada bagian pendahuluan suatu teks diskusi adalah Pernyataan untuk membatasi topik, Latar belakang topik, Sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18) Kesamaan teks diskusi dan eksposisi adalah teks diskusi dan eksposisi sama2 memilikin argumen, namun argumen pada eksposisi merupakan sumber atau rujukan berita yg berisi ttg wawasan yg dibicarakan. sedangkan diskusi terdapat argumen menentang dan mendukung yang berasal dri berbagai sumber yg berbeda pendapat.
19) Dalam teks diskusi haruslah menggunakan bahasa yang kohesif agar setiaap pembaca mampu merasakan dan memiliki kesamaan pendefinisian atas materi yang disampaikan dengan begitu tidak akan terjadi kesalah pahaman
20) Kesulitan dalam membuat karya ilmiah :
1. Sulit dalam menentukan alur pembahasan
2. Sulit menentukan judul
3. Sulit memahami isi sub bab
4. Sulit melakukan pengkajian materi karena terasa kurang pemahaman dari maksud materi tentang karya tulis ilmiah ini
5. Sulit mengembangkan ide agar menjadi gagasan yang menarik dan jelas
1.Andhika rachman jurusan ortotik prostetik
2.pendapat pendukung(pro)yang sepakat atau menyetujui teks diskusi,sedangkan pendapat penentang(kontra)adalah pendapat/opini yang tidak setuju atau menentang
3.Hasil,kesimpulan,rekomendasi,atau solus dari permasalahan yang dibahas.hasil harus berisi solusi dari permasalahan yang terjadi.
4.Penggunaan kpnjungsi,pengulangan kata/repetisi,pengunaan kata ganti,penggunaan hiponim.
5.kata yang melibatkan pikiran pemaca seakan pembaca melihat persoalan seperti yang kita pikirkan.
6.diskusi adalah interaksi antara dua orang atau secara berkelompok dimana tujuannya untuk membahas suatu tema atau topik tertentu sehingga mendapatkan suatu kesepakatan.
manfaatnya
- sebagai wadah yang dapat membantu pemecahan masalah secara bersama-sama
- untuk mengembangkan diri dengan meningkatkan kemampuan berpikir, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
- melatih kemampuan daya berpikir dan berbicara di depan umum.
- mewujudkan proses kreatif dan analitis para peserta diskusi.
7.unsur manusia,seperti moderator atau pemimpin diskusi,narasumber/pembicara dan anggota diskusi
unsur materi,seperti topik diskusi atau permasalahn,tujuan/sasaran.
nsur fasilitas, teperti ruangan/tempat, perlengkapan.
8.Saya setuju dengan pernyataan bahwa mengatur waktu belajar itu penting. Karena dengan mengatur waktu belajar, kegiatan belajar yang kita lakukan akan terjadwal dengan lebih teratur.
9.Menurut saya pendapat yang mengatakan bahwa sinema remaja tayangan televisi kita hanya merupakan hiburan, tidaklah benar. Remaja sangat sering menonton televisi. Jumlah waktu yang digunakan cukup banyak untuk menikmati sinema-sinema itu. Dengan demikian, lambat laun akan terbentuk persepsi dalam diri pribadi remaja yang baik adalah kepribadian remaja seperti yang ditontonnya. Persepsi itu akan memengaruhi perilaku remaja di masa mendatang.*
10.Ketika masih ada separuh uang apa yang akan kamu lakukan,apakah di tabung atau di belanjakan sesuatu.
11.Mengerti aturan diskusi. Sabar, rendah hati, dan menguasai pendapat setiap pembicara. Jujur, ramah
12.Moderator,Peserta,Peninjau,Pengunjung
13.memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain
14.judul diskusi,pembicara diskusi,moderator,notulis,waktu diskusi,peserta diskusi,acara,kesimpulan.
15. teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16.isu, argumen mendukung, argumen menolak, dan terakhir adalah kesimpulan.
17.Pernyataan untuk membatasi topik. Latar belakang topik. Sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18.sama2 memilikin argumen, namun argumen pada eksposisi merupakan sumber atau rujukan berita yg berisi ttg wawasan yg dibicarakan.
19.agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya.
20.sulit mencari topik/pembahasan,tidak menguasai materi,sulit mengembangkan ide,sumber informasi yang terbatas,ssulit menentukan judul.
1. Nadine Salwa Putri Arya, D-IV Ortotik Prostetik.
2. Pendapat yang mendukung (pro) dan pendapat yang menentang (kontra).
3. Berisi rekomendasi atau solusi dari permasalahan yang dibahas.
4. Kesatuan gagasan dalam sebuah kalimat.
5. Kata emotif merupakan kata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan yang mampu membuat orang lain tersulut emosi jika membaca atau mendengarnya.
6. Diskusi adalah kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang bertujuan untuk bertukar pendapat dan membahas masalah untuk mencapai kesepakatan pendapat. Manfaat nya adalah untuk melatih kemampuan berbicara, mengembangkan kebebasan pribadi, mengembangkan daya berfikir, dan menanamkan sikap demokrasi.
7. Dalam sebuah diskusi, terdapat 4 unsur penting, yaitu moderator, narasumber, notulen, dan peserta diskusi.
8. Saya setuju dengan pendapat Saudara, karena seperti yang Saudara katakan bahwa peserta ujian ini sangatlah banyak sehingga dibutuhkan usaha yang ekstra agar bisa memiliki kesempatan untuk terpilih menjadi mahasiswa.
9. Saya tidak setuju. Menurut pendapat saya, ada baik nya apabila persiapan ujian tersebut juga dibarengi dengan doa dan perbuatan baik kepada sesama makhluk. Tidak hanya usaha semata.
10. Bagaimana cara meminimalisir pengeluaran uang apabila dalam sebulan kebutuhan yang diperlukan sangat banyak namun uang yang tersedia terbatas?
11. Yang mampu menghidupkan suasana diskusi dan mengendalikan suasana apabila terjadi perselisihan karena perbedaan pendapat antar kelompok ataupun perorangan.
12. Moderator: bertanggung jawab untuk memimpin diskusi,
Narasumber: orang yang memberikan materi selama diskusi,
Notulen: bertanggung jawab untuk merekam jalannya diskusi dari awal hingga akhir,
Peserta diskusi: orang-orang yang terlibat dalam sebuah diskusi dan secara aktif membantu menyelesaikan masalah selama diskusi berlangsung.
13. Agar tanggapan dapat diterima oleh seluruh peserta diskusi dan semua dapat mengerti apa yang dimaksudkan oleh si pemberi tanggapan.
14. a) Gagasan-gagasan pokok yang terdapat dalam makalah,
b) Tanggapan-tanggapan dari para peserta,
c) tanggapan-tanggapan pembicara, dan
d) kesimpulan yang dihasilkan.
15. Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16. Pendahuluan, isu, argumen pendukung, argumen penolakan, dan kesimpulan.
17. Pendahuluan berisi gambaran awal tentang informasi atau isi yang harus dibahas saat diskusi.
18. Persamaan nya adalah sama sama menggunakan argumentasi/pendapat dan memerlukan data di dalamnya.
19. Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesif agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi seluruh peserta untuk memahaminya.
20. Kesulitan mendapatkan sumber yang valid, kurang menguasai topik yang dibahas, kurang berpengalaman, kurang menguasai teknik pembuatan karya ilmiah, dan tidak mengecek ulang tulisan yang dibuatnya.
1. BELLA RIZKY APRIANI DARI ORTOTIK PROSTETIK
2. PENDAPAT TERSEBUT IALAH PRO DAN KONTRA, KEDUA PENDAPAT TERSEBUT BISA DIPAPARKAN YANG DIDUKUNG OLEH GAGASAN TERTENTU
3. KESIMPULAN DARI SEBUAH DISKUSI YANG MENCAKUP KESELURUHAN ISI DISKUSI
4. ADANYA MAKNA, KONSEP, DAN PENGETAHUAN YANG SALING TERPADU
5. SUATU KATA YANG BERKENAAN DENGAN EMOSI, SEHINGGA DAPAT MASUK KEDALAM JIWA SESEORANG ITU
6. DISKUSI ADALAH SEBUAH BENTUK AKTIVITAS UNTUK SALING BERTUKAR PIKIRAN SERTA GAGASAN YANG DILAKUKAN OLEH DUA ORANG ATAU LEBIH DENGAN MANFAAT DAPAT BERTUKAR ILMU PENGETAHUAN (GAGASAN)
7. UNSUR MANUSIA, UNSUR MATERI, DAN UNSUR FASILITAS
8. “SAYA SETUJU DENGAN PENDAPAT SAUDARI A , SELAMA BISA DISEMBUHKAN, KITA HARUS BISA MEMPERTAHANKAN KUCING TERSEBUT”
9. “MOHON MAAF KEPADA SAUDARI A PENDAPAT ANDA SAYA SANGGAH, KETIKA KUCING SUDAH LEMAS DAN TIDAK BERDAYA, APABILA DIBIARKAN ITU MALAH MEMPERPARAH KESAKITAN YANG DIDERITA OLEH KUCING TERSEBUT. ALANGKAH BAIKNYA KITA BERI OBAT UNTUKNYA SEBAGAI UPAYA PENYEMBUHAN”
10. BAGAIMANA KETIKA KEBUTUHAN SEDANG MENINGKAT, KEADAAN UANG KITA SEDANG MENIPIS?
11. - MEMAHAMI RANGKAIAN DISKUSI
- BERLAKU SOPAN KEPADA AUDIENS
- DAPAT MENGKOORDINASIKAN KEADAAN DISKUSI DENGAN BAIK
- DAPAT MEMIMPIN ACARA DENGAN BAIK DAN BENAR
12. MODERATOR (PEMANDU ACARA), NOTULIS (MERANGKUM ISI DISKUSI), PENYAJI (PEMAKALAH), DAN PESERTA DISKUSI (SEBAGAI AUDIENSI DISKUSI)
13. AGAR PENDAPATNYA DAPAT DITERIMA OLEH PIHAK PENYAJI DAN BISA DIPERTANGGUNG JAWABKAN PENDAPAT YANG DIUTARAKAN
14. 1) judul diskusi
2) pembicara diskusi
3) moderator
4) notulis
5) waktu diskusi
6) peserta diskusi
7) acara
8) kesimpulan
15. TEKS DISKUSI ADALAH SEBUAH TEKS YANG MEMBRIKAN DUA PENDAPAT BERBEDA MENGENAI SUATU HAL ( PRO DAN KONTRA) YANG MENYEBABKAN KEDUA BELAH PIHAK MENJADI SALING MEMBICARAKAN MASALAH YANG SEDANG DIPERSOALKAN
16. Isu: berisi masalah yang akan didiskusikan secara bersama-sama
Argumen mendukung: berisi argumen (alasan) yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok permasalahan disku Setelah menyampaikan masalah, penulis dapat menyampaikan pendapat dari satu sudut pandang pendukung disertai alasan-alasan dan bukti untuk mendukung pendapat yang disampaikan sebelumnya.
Argumen menentang: berisi argumen (alasan) yang menentang argumen yang mendukun Pada tahap ini penulis memaparkan pendapat disertai alasan dan bukti dari sudut pandang kontra.
Kesimpulan: hasil akhir yang berisi kesimpulan dan rekomendasi tentang suatu isu yang dibahas berisi jalan tengah antara pendapat pro dan kontra.
17. MENYAJIKAN SUATU GAMBARAN YANG AWAL TENTANG INFORMASI YANG AKAN DIBAHAS
18. PERSAMAANNYA ADALAH KEDUA TEKS TERSEBUT MENYATAKAN SUATU PENDAPAT ATAU KALIMAT PENDAPAT
19. AGAR ISI DARI KALIMAT YANG DISAMPAIKAN SALING BERKAITAN
20. YANG PERTAMA ADALAH SULIT MENCARIKAN SUATU JUDUL DARI PERMASALAHAN YANG ADA
YANG KEDUA IALAH SULIT DALAM MENCARI KORESPONDENSI YANG TEPAT
YANG KETIGA ADALAH MENCARI REFERENSI YANG AKURAT DAN TERPERCAYA DARI INTERNET
YANG KEEMPAT ADALAH MENDAPATKAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK BERTEMU DENGAN KORESPONDENSI
YANG KELIMA ADALAH BAGAIMANA CARANYA MENGUTARAKAN KESIMPULAN YANG BAIK DAN BENAR
YANG TERAKHIR ADALAH BAGAIMANA CARANYA UNTUK KONSISTEN PADA KETATABAHASAAN YANG BAIK DAN BENAR AGAR KTI BISA SEMPURNA
1. Zahra Amanda Putri (Ortotik Prostetik)
2. Pendapat atau argumen pendukung (pro) dan pendapat atau argumen penentang (kontra).
3. Simpulan dalam teks diskusi berisi kesimpulan dan rekomendasi tentang suatu isu yang dibahas berisi jalan tengah antara pendapat pro dan kontra.
4. Kata hubung, kata ganti, dan pengulangan kata
5. Kata emotif merupakan kata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bisa membuat orang tersulut emosi kala mendengar atau membacanya.
6. Diskusi adalah suatu interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau secara berkelompok untuk membahas suatu tema atau topik tertentu sehingga menghasilkan suatu kesepakatan pendapat.
Manfaat diskusi:
- Sebagai wadah yang dapat membantu pemecahan masalah secara bersama-sama
- Sebagai wadah untuk mengembangkan diri dengan meningkatkan kemampuan berpikir
Sebagai wadah untuk melatih kemampuan daya berpikir dan berbicara di depan umum
7. Moderator, narasumber, notulen, peserta diskusi
8. Saya sependapat dengan pemerintah bahwa setiap anak Indonesia harus bisa merasakan pendidikan tanpa mengalami kesulitan dalam hal apapun itu karena di tahun yang akan datang negara kita pasti membutuhkan calon - calon penerus bangsa yang berkualitas untuk memajukan bangsanya dan itu semua berawal dari pendidikan.
9. Memang saya sependapat dengan aksi masyarakat mengecam terorisme, namun tidak seharusnya mereka menghakimi seseorang hanya dari penampilannya saja, karena untuk menilai sifat seseorang, kita harus melihat dari berbagai sisi. Selain itu, penampilan tidak menjamin mereka tampak terlihat seperti teroris atau tidak karena tidak jarang juga seseorang yang kelihatan penampilannya baik baik tetapi aslinya sebaliknya.
10. Bagaimana cara agar uang bulanan tidak habis duluan di tengah tengah bulan?
11. - Menyiapkan pokok masalah yang akan dibicarakan
- Membuka diskusi dan menjelaskan topik diskusi
- Memperkenalkan komponen diskusi terutama pembicara jika ada unsur pembicara/penyaji
- Membuat diskusi menjadi hidup atau dinamis
- Mengatur proses penyampaian gagasan atau tanya jawab
12. - Moderator: Memimpin acara dan mengatur seluruh kelangsungan acara
- Penyaji: Menyajikan materi yang akan dibahas pada sebuah seminar
- Notulen: Mencatat poin-poin penting yang terjadi selama aktivitas diskusi
- Audience: mendengarkan dan memberi tanggapan terhadap apa yang disajikan penyaji dalam diskusi
13. Dengan memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14. judul diskusi, pembicara diskusi, moderator, notulis, waktu diskusi, peserta diskusi, acara, kesimpulan
15. Teks diskusi adalah tulisan yang mengulas sebuah masalah dengan disertai pendapat baik yang mendukung maupun yang menentang isu tersebut serta diakhiri dengan simpulan atau rekomendasi penulis.
16. Isu, argumen pendukung, argumen penentang, kesimpulan
17. Pernyataan untuk membatasi topik, latar belakang topik, sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18. Sama sama terdapat argumentasi dalam strukturnya
19. Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya.
20. Kurangnya pengalaman dalam menulis karya ilmiah, kurang menguasai topik yang akan dibahas, kurang membaca literature, kesulitan untuk mulai menulis, tidak mengecek ulang tulisan
1. nama : Muhammad Reyza Al Hamdi, OP intake 13
2. pro dan kontra
3. yang terdapat dalam simpulan diskusi yaitu adalah hasil, kesimpulan, rekomendasi, atau solusi dari permasalahan yang di bahas dalam diskusi tersebut
4. aspek formal bahasa dalam wacana (hubungan yang tampak pada bentuk). Kohesi merupakan organisasi sintaktik, merupakan wadah-wadah kalimat disusun secara padu dan padat untuk menghasilkan tuturan. Dalam hal ini berarti pula bahwa kohesi adalah hubungan antarkalimat di dalam sebuah wacana, baik dalam strata gramatikal maupun dalam strata leksikal tertentu
5. kata emotif adalah kata yang melibatkan pikiran pembaca seakan pembaca melihat persoalan seperti yang kita pikirkan
6. Secara umum, pengertian diskusi adalah suatu interaksi komunikasi yang terjadi antara dua orang atau secara berkelompok dimana tujuannya untuk membahas suatu tema atau topik tertentu sehingga menghasilkan suatu kesepakatan pendapat. yang bertujuan untuk salaing tukar pikiran atau ide, melatih kemampuan berbisa di depan umum, melatih kemampuan berpikir, menaman dan melatih sikap demokratis, dan melatih sikap toleransi dan menghargai pendapat yang lain
7. terdapat 3 unsur dalam berdiskusi yaitu
-unsur manusia yaitu pihak2 yang melaksanakan kegiatan diskusi, seperti moderator, narasumber, pembicara, noutulen dan peserta diskusi
-unsur materi diskusi yaiutu hal hal yang berhubungan dengan topik atau tema diskusi, serta tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam kegitan diskusi tersebut.
-unsur fasilitas diskusi yaitu semua hal yang dapat membantu kegiatan diskusi, seperti tempat/raungan, meja, kursi, kertas, dan lain sebagainya
8."ya saya setuju atas apa yang disampaikan oleh pembicara"
"saya kurang setuju atas apa yang disampaikan oleh pembicara (jelaskan dimana alasan ketidaksetujuan)"
9."menurut saya, pendapat yang menyatakan bahwa orang ini melakukan pencurian tidak lah tepat karena orang ini tidak ada ditempat pada saat kejadian"
10. apa yang anda lakukan dengan uang anda pada saat anda hidup sendiri? bagaimana cara yang anda melakukannya?
11. 1. bersikap sopan
2.sabar, rendah hati, dan menguasai pendapat setiap pembicara
3. Jujur, ramah dan tidak berat sebelah
4. Dapat menghidupkan suasana diskusi
5. Dalam memberikan tanggapan selalu bersifat obyektif
12. Pihak-pihak yang yang terlibat dalam diskusi
1. Moderator : pemimpin diskusi atu pengendali diskusi
2. Peserta (audience) : satu kelompok atau dapat dibagi beberapa
kelompok
3. Peninjau : Penyelenggara atau pembina
4. Pengunjung : pemerhati atau hanya sebagai penonton
13. dengan memberikan alsan yang logis dalam setiap tanggapan dapat memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbang suatu putusan secara logika
14. judul diskusi.
pembicara diskusi.
moderator.
noutulen.
waktu diskusi.
peserta diskusi.
acara.
kesimpulan.
15. Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi
16. 1. Isu , berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.
2. Argumen mendukung, berisi argumen (alasan) mendukung hal yang menjadi
pokok masalah diskusi.
3. Argumen menentang, berisi argumen yang bertentangan dengan argumen
yang mendukung.
4. Kesimpulan, berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. Usahakan mengambil jalan tengah dari isu yang dibahas.
17. 1.Pernyataan untuk membatasi topik.
2.Latar belakang topik.
3.Sudut pandang berbeda yang akan dibahas.
18. keduanya sama sama memiliki argumen
19. Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya.
20. 1.mencari ide untuk membuat karya ilmiah
2.menentukan judul yang pas dengan ide tsb
3.kurang mengusai topik pada karya ilmiah
4.plagiasi
5.mencari data pada karya tulis ilmiah
1) Nama : Nauli Sianturi
Tingkat : 1B Kebidanan
NIM : P17124020067
2)Argumen mendukung: berisi argumen (alasan) yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok permasalahan disku Setelah menyampaikan masalah, penulis dapat menyampaikan pendapat dari satu sudut pandang pendukung disertai alasan-alasan dan bukti untuk mendukung pendapat yang disampaikan sebelumnya.
-Argumen menentang: berisi argumen (alasan) yang menentang argumen yang mendukun Pada tahap ini penulis memaparkan pendapat disertai alasan dan bukti dari sudut pandang kontra.
3)Kesimpulan dalam teks diskusi berisi hasil akhir jalan tengah antara pendapat pro dan kontra, atau penyelesaian
4)Ciri kalimat kohesif adalah kalimat yang memperhatikan :
(1) Pronomina, disebut juga kata ganti. Dalam bahasa Indonesia kata ganti terdiri dari kata ganti diri, kata ganti petunjuk, kata ganti empunya, kata ganti penanya, kata ganti penghubung, dan kata ganti taktentu.a. Kata ganti diri, dalam bahasa Indonesia meliputi: saya, aku, kami, kita, engkau, kau, kamu. Kalian, anda, dia, dan mereka.b. Kata ganti petunjuk, dalam bahasa Indonesia meliputi: ini, itu, sini, sana, di sini, di sana, di situ, ke sini, dan ke sana.c. Kata ganti penanya, dalam bahasa Indonesia meliputi: apa, siapa, dan mana.d. Kata ganti penghubung, dalam bahasa Indonesia yaitu yang.e. Kata ganti taktentu, dalam bahasa Indonesia meliputi: siapa-siapa, masing-masing, sesuatu, seseorang, para.
(2) Substitusi merupakan hubungan gramatikal, lebih bersifat hubungan kata dan makna.Substitusi dalam bahasa Indonesia dapat bersifat nominal, verbal, klausal, dan campuran.Misalnya: satu, sama, seperti itu, sedemikian rupa, demikian pula, melakukan hal yang sama.
(3) Elipsis ialah peniadaan kata atau satuan lai yang wujud asalnya dapat diramalkan dari konteks luar bahasa. Elipsis dapat pula dikatakan penggantian nol (zero), sesuatu yang ada tetapi tidak diucapkan atau tidak dituliskan. Elipsis dapat pula dibedakan atas elipsis nominal, elipsis verbal, dan elipsis klausal.(4) Konjungsi digunakan untuk menggunakan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, atau paragraf dengan paragraf
5)Kosakata emotif merupakan kosakata yang berhubungan dengan emosi dan perasaan dan bisa membuat orang tersulut emosi kala mendengar atau membacanya.
6)Diskusi adalah terjadinya interaksi antara 2 orang atau lebih, dalam bentuk pengetahuan, musyawarah, ataupun ilmu tertentu yang bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar. Dalam sebuah diskusi biasanya ada tema atau topik yang dibahas oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya. Manfaat diskusi adalah :
-saling menghargai pendapat orang lain
-dapat menahan rasa ego yang ada dalam diri
-dapat menyelesaikan masalah yang sedang didiskusikan
-dapat mempererat hubungan antara yang satu dengan yang lain, mengapa dmikian? dengan berdiskusi, mengahargai pendapat orang, menyelesaikan masalah bersama-sama, mendengarkan lawan berbicara, dapat mempererat hubungan atau membuat lebih akrab.
-belajar untuk memahami karakter
-menambah wawasan
-bertukar ilmu
-belajar dalam berpendapat
-dapat berbicara didepan orang lain dengan baik, mulai dari sopan santun, etika, sampai penyusunan kalimat atau dalam merangkai kata-kata.
-belajar berinteraksi sosial dengan baik lewat komunikasi yang baik
7) Unsur diskusi dibagi menjadi 3, yaitu: Unsur manusia, seperti moderator atau pemimpin diskusi, penyaji/narasumber/ pemrasaran/pembicara, notulis/sekretaris, dan peserta diskusi. Unsur materi, seperti topik diskusiatau permasalahan, dan tujuan atau sasaran.
8)Saya setuju jika rakyat miskin harus diberi pelatihan keterampilan, bukannya diberi modal berupa uang secara terus menerus. Modal tanpa arahan dan keterampilan tidak akan berguna dan justru membuat rakyat menjadi manja.
9)Sebenarnya kami tidak setuju dengan rencana Kepala Desa mencalonkan kembali pada pemilihan Kades tahun ini, akan tetapi itu juga merupakan hak setiap orang untuk berkontribusi dalam pemilihan ini, baik sebagai pemilih atau orang yang dipilih.
10)Bagaimana cara mengelola uang agar hemat, tetapi semua kebutuhan tetap terpenuhi?
LANJUTAN
Nama : Nauli Sianturi
Tingkat : 1b Kebidanan
NIM : P17124020067
11) Syarat moderator yang baik adalah :
-sabar
-mengetahui aturan diskusi
-bertanggung jawab
-ramah
-menghargai pendapat setiap pembicara
12) Pihak-pihak yang telibat dalam diskusi adalah :
-Moderator adalah orang yang bertugas untuk membuka diskusi, perkenalan anggota, mempersilahkan penyaji, mengatur jalannya diskusi, membaca simpulan diskusi dan menutup diskusi
-Penyaji adalah orang yang betugas menyusun makalah berdasarkan referensi, menyajikan materi secara jelas dan meyakinkan dan menanggapi atau menerima pertanyaan, saran dan kritik secara obyektif.
-Notulis adalah orang yang bertugas untuk menulis pokok-pokok diskusi, mencatat hal-hal khusus yang terjadi selama diskusi, membuat simpulan sementara dan membuat laporan lengkap hasil diskusi
-Peserta adalah orang yang mengikuti jalannya diskusi, mematuhi aturan diskusi, menguasai materi dan aktif menyumbangkan buah pikiran.
13)Dengan memberikan alasan logis dalam setiap tanggapan memudahkan orang lain untuk mengerti maksud dan makna pembicaraan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan suatu putusan yang secara logika tidak merugikan orang lain.
14)Rangkuman hasil diskusi ditulis dalam sebuah NOTULEN yang berisi hal-hal sebagai berikiut:
-judul diskusi.
-pembicara diskusi.
-moderator.
-notulis.
-waktu diskusi.
-peserta diskusi.
-acara.
-kesimpulan.
15. Teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak, yaitu pro dan kontra, yang membuat kedua pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
16. Struktur dari teks diskuai adalah sebagai berikut :
-Isu: berisi masalah yang akan didiskusikan secara bersama-sama
-Argumen mendukung: berisi argumen (alasan) yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok permasalahan disku Setelah menyampaikan masalah, penulis dapat menyampaikan pendapat dari satu sudut pandang pendukung disertai alasan-alasan dan bukti untuk mendukung pendapat yang disampaikan sebelumnya.
-Argumen menentang: berisi argumen (alasan) yang menentang argumen yang mendukun Pada tahap ini penulis memaparkan pendapat disertai alasan dan bukti dari sudut pandang kontra.
-Kesimpulan: hasil akhir yang berisi kesimpulan dan rekomendasi tentang suatu isu yang dibahas berisi jalan tengah antara pendapat pro dan kontra.
17. Pendahuluan teks diskusi berisi pembukaan oleh moderator, salam-salam, dan penyampaian masalah yang akan didiskusikan atau dibahas lebih lanjut.
18. Teks diskusi dan eksposisi sama2 memilikin argumen, namun argumen pada eksposisi merupakan sumber atau rujukan berita yg berisi ttg wawasan yg dibicarakan. sedangkan diskusi terdapat argumen menentang dan mendukung yang berasal dri berbagai sumber yg berbeda pendapat.
19.Teks diskusi harus menggunakan bahasa kohesi agar isinya saling terkait satu sama lain. Jika seluruh isi teks diskusi saling terkait, maka akan lebih mudah bagi audiens untuk memahaminya
20. Kesulitan dalam membuat karya tulis ilmiah :
-Tidak tersedianya literatur yang memadai
-Sulitnya mencari wadah penelitian
-Kurangnya dukungan dari masyarakat tempat penelitian
-Susahnya prosedur penelitian
-Kurangnya alat dan bahan untuk metode penelitian
Posting Komentar