Latihan Soal Pidato
Kamis,
13 Agustus 2020
Semua dikerjakan di posting komentar !
1. Tuliskan terlebih dahulu nama, dan jurusan!
2. Tuliskan Kerugian Menggunakan Pidato
Impromptu!
3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pidato
Manuskrip?
4. Tuliskan Keuntungan Menggunakan Pidato
Manuskrip!
5. Tuliskan Kerugian Menggunakan Pidato
Manuskrip!
6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pidato
Memoriter?
7. Tuliskan Keuntungan Menggunakan Pidato
Memoriter!
8. Tuliskan Kerugian Menggunakan Pidato
Memoriter!
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pidato
Ekstempore?
10. Tuliskan Keuntungan Menggunakan Pidato Ekstempre!
11. Tuliskan Kerugian Menggunakan Pidato Ekstempre!
12. Tuliskan Sifat Pidato!
13. Tuliskan Metode Pidato!
14. Langkah-langkah apa saja dalam Persiapan dan Kerangka Susunan
Pidato!
15. Tuliskan Macam dan Praktek dalam Pidato!
16. Jelaskan pengertian Pidato ?
17. Tuliskan Tujuan dari Pidato!
18. Tuliskan Fungsi Pidato!
19. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Pidato Impromptu ?
20. Tuliskan Keuntungan Menggunakan Pidato Impromptu!
000 SELAMAT MENGERJAKAN 000
11 komentar:
1. Nama : Qothrunnada Arva Hidayat
Jurusan : D3-Kebidanan
Kelas : 1A
2.-Tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang
-Persiapan mendadak untuk menyusun pidato dengan benar
-Menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema
-Canggung ketika berpidato
-Tidak bisa menguasai tempat dan para pendengar
3. Pidato manuskrip adalah jenis pidato yang disampaikan dengan menggunakan naskah , artinya sebuah naskah pidato dibacakan dari awal sampai akhir.
4.-materi yang diungkapkan secara sistematis dan lengkap
-dapat mengekspresikan kata
-mendapat perhatian dari pendengar
-menciptakan suasana yang efektif
-terlihat lancar dalam berpidato
5.-tidak dapat memperhatikan dri pendengar
-tdk bebas megekspresikan kata
-membosankan
-suara monoton dan terlihat kaku
6. metode pidato yang disampaikan dengan cara menghafalkan naskah yang telah dibuat sebelumnya.
7.-mendpat perhatian pendengar
-dapat mempersiapkan topik pidato
-melatih daya ingat
8.-apabila yang kita hafalkan melenceng dari permbicaraan dapat membingungkan
-apabila tidak dapat mengingat dengan pasti isi pidato, akan terlihat kaku
9.metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.
10.Kelebihan terletak pada tingkat interaksi yang baik antara pembicara dengan audiens Di saat yang sama materi pidato terjaga karena telah dibuatkan kerangka sebelumnya.
11. Harus pandai dalam menyusun kata
12.-Normatif
-Propagandistis
-Edukatif
13.-Importu ialah merupakan sebuah metode dalam berpidato yang dimana dilakukan tanpa persiapan terlebih dahulu
-Memoriter ialah merupakan metode berpidato yang dilakukan dengan menghafalkan naskah teks pidato terlebih dahulu
-Naskah ialah merupakan suatu metode dalam berpidato yang dimana dilakukan dengan membaca teks pada saat berpidato
-Ekstemporan ialah merupakan metode berpidato yang dimana menyiapkan secara gratis besar konsep pidato yang akan disampaikan pada saat berpidato
14. mempersiapkan mental dan kondisi
-menentukan tujuan pidato
-memilih dan menyampaikan pokok utama
-menganalisis pendengar dan suasana pidato
-mengumpulkan kata kunci pidato
-membuat kerangka pidato
-mengurai secara detail isi pidato
-melatih suara agar tidak gugup saat berpidato
15. Macam Pidato :
- Pidato wisuda
- Pidato Orasi
- Pidato keagamaan
Praktik dalam Pidato :
-Umumnya dilakukan oleh seorang pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
-Dilakukan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
-Bisanya dilakukan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
-Umunya seorang pemimpin diwajibkan untuk menguasai teori pidato
16.sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.
17.-untuk memberikan suatu pemahaman maupun informasi terhadap orang lain atau bersifat informatif.
-untuk meyakinkan pendengar atau dinamakan dengan argumentatif.
-untuk membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang bersifat menghibur atau yang dinamakan dengan rekreatif.
-untuk memberikan pengaruh pada orang lain agar bersedia untuk mengikuti kemauan yang diinginkan oleh orator secara suka rela atau dinamakan dengan persuasif.
18.-Meudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan.
-Memudahkan komunikasi dengan sesama anggota organisasi.
-Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang memalukan pidato atau orasi tersebut.
-Memudahkan komunikasi
19. Pidato yang dilakukan secara spontan atau tiba-tiba dipanggil untuk menyampaikan pidato dalam sebuah acara. Pidato yang ini dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya.
20.Impromtu lebih dapat mengungkapkan perasaan pembicara yang sebenarnya, karena pembicara tidak memikirkan lebih dulu pendapat yang disampaikannya
1. Nama : lastri indriyani
Jurusan : D3 kebidanan
Kelas : 1A Kebidanan
2. 1. tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang
2. persiapan mendadak untuk menyusun pidato dengan benar
3. menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema
4. canggung ketika berpidato
5. tidak bisa menguasai tempat dan para pendengar
3. Pidato manuskrip adalah jenis pidato yang disampaikan dengan menggunakan naskah , artinya sebuah naskah pidato dibacakan dari awal sampai akhir
4. Kelebihan :
- Lancar dan mudah dalam menyampaikan inti / maksud pidato
- Dapat mempersiapkan pidato dengan matang
- Lengkap , sistematis , tidak ada yang terlupakan
- Dapat menguasai topik pembicaraan
- Kata-kata dapat dipilih dengan sebaik-baiknya
- Pernyataan dapat dihemat kefasihan bicara dicapai agar tidak ngawur
- Hal-hal yang ngawur atau menyimpang dapat dihindari
5. Kelemahan :
- Tidak mendapat perhatian dari pendengar
- Tidak bebas mengekspresikan kata
- Menciptakan suasana yang kurang efektif dalam berpidato
- Suara menonton dan terlihat kaku
- Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara tidak berbicara langsung pada mereka. Pembicara tidak dapat melihat pendengar lebih baik karena sibuk dengan naskah
6. Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
7. Kelebihan :
- Mendapat perhatian pedengar
- Dapat mempersiapkan topik pidato
- Melatih daya ingat
- Kata-kata dapat dipilih sebaik-baiknya gerak dengan isyarat yang di integrasikan dengan uraian
8. Kelemahan :
- Apabila yang kita hafalkan melenceng karna lupa maka dapat membinggungkan pendengar
- Apabila tidak mengingat dengan pasti isi pidato akan terlihat kaku
- Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara beralih pada usaha untuk mengingat kata-kata memerlukan banyak waktu
- Tidak terjalin saling berhubungan antara pesan dengan pendengar, kurang langsung , kurang spontan , perhatian beralih pada kata-kata untuk megingat-ingat
9. Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan
10. Kelebihan :
1. materi yang diungkapkan secara sistematis dan lengkap
2. dapat mengekspresikan kata
3. mendapat perhatian dari pendengar
4. menciptakan suasana yang efektif
5. terlihat lancar dalam berpidato
11. Kekurangan :
haruslah pintar2 dalam menyusun kata
12. sifat pidato
1. Persuasif
2. Informatif
3. Rekreatif
13. Impromptu / spontan, Ekstemporan / Penjabaran kerangka, Naskah dan Menghafal.
14. 1. mempersiapkan mental dan kondisi
2. menentukan tujuan pidato
3. memilih dan menyampaikan pokok utama
4. menganalisis pendengar dan suasana pidato
5. mengumpulkan kata kunci pidato
6. membuat kerangka pidato
7. mengurai secara detail isi pidato
8. melatih suara agar tidak gugup saat berpidato
15. Macam macam pidato diantaranya pidato ilmiah, khutbah, pengadilan, ceramah, kuliah, diskusi, sarasehan, politik, dan rapat umum. Prakteknya dapat dilaksanakan secara impromptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan
16. Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.
17. Menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain agar mereka mengikuti kehendak kita
18. Fungsinya yaitu Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.
19. Pidato impromtu merupakan jenis pidato yang dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya.
20. 1. dapat mengekspresikan kata dalam berpidato
2. bebas memilih topik bahasan
1.Nama : Adel Lia Muzdalifa
Nim : P17124020001
Kelas : 1A D3 Kebidanan
2.- tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang
- persiapan mendadak
- menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema
- merasa canggung ketika berpidato
- tidak bisa menguasai tempat
3.Jenis pidato yang disampaikan dengan menggunakan naskah , artinya sebuah naskah pidato dibacakan dari awal sampai akhir
4.- lebih menguasai materi
- lengkap, sistematis, tdk ada yg terlupakan.
- dpt mempersiapkan dgn sangat matang
5.Tidak mendapat perhatian dari pendengar, Tidak bebas mengekspresikan kata, Suara menonton dan terlihat kaku
6.Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu
7.keuntungannya mendapat perhatian pendengar lalu dapat mempersiap kan topik pidato dan juga melatih daya ingat serta kata-kata yang dipilih sebaik-baiknya gerak dengan isyarat yang di integrasikan dengan uraian
8. - Apabila yang kita hafalkan melenceng karna lupa maka dapat membinggungkan pendengar
- Apabila tidak mengingat dengan pasti isi pidato akan terlihat kaku
- Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara beralih pada usaha untuk mengingat kata-kata memerlukan banyak waktu
- Tidak terjalin saling berhubungan antara pesan dengan pendengar, kurang langsung , kurang spontan , perhatian beralih pada kata-kata untuk megingat-ingat
9.yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan
10.berkesempatan membuat teks outline (kerangka pidato)
11.pidato bisa menjadi panjang lebar atau bahkan kehilangan isinya sama
sekali, maka harus pintar" dalam menyusun kata
12. Pidato umumnya bersifat informatif, persuasif, dan edukatif.
13. - metode manuskrip
- metode impromtu
- metode memoriter
- metode ekstempore
14.Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam menyusun pidato : mempersiapkan mental dan kondisi, menentukan tujuan pidato, memilih dan menyampaikan pokok utama, menganalisis pendengar dan suasana pidato, mengumpulkan kata kunci pidato, membuat kerangka pidato, mengurai secara detail isi pidato, melatih suara agar tidak gugup saat berpidato
15.Macam: pidato pembukaan, pidato pengarahan, pidato sambutan, pidato peresmian, pidato laporan, dan pidato pertanggungjawaban.
Praktik: biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anggota organisasinya, oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi, dan oleh pemimpin untuk menenangkan khalayak ramai
16.Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal
17.Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela. Memberikan suatu pemahaman atau sebuah informasi kepada orang lain. Membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan
18.- Memudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan.
- Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang
memalukan pidato atau orasi tersebut.
- Memudahkan komunikasi
19.Impromtu yaitu pidato tanpa naskah yang dilakukan secara spontan atau
tanpa persiapan
20.bahasa yang digunakan singkat, sehingga tidak membosankan dan pembicara bebas dalam memilih topik bahasan tetapi tepat sesuai acara
1.syifana khairany,kebidanan,1A
2.kerugian pidato impromptu:
Tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang,persiapan mendadak untuk menyusun pidato dengan benar, menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema,canggung ketika berpidato,tidak bisa menguasai tempat dan para pendengar.
3.pidato manuskrip adalah metode berpidato dengan cara melihat naskah/teks yang telah disiapkan oleh juru pidato.
4.materi diungkapkan secara sistematis,dapat mengekspresikan kata,susasana menjadi efektif dan terkesan lancar.
5.Harus pandai dalam menyusun kata-kata,penyampaian kurang detil.
6.-persipan pidato:
Wawasan pendengar pidato secara
Umum,mengetahui durasi pidato
Yang akan dibawakan,menyusun
Kata yang mudah dimengerti,
Mengetahui jenis pidato dan tema
Acara,menyiapkan perlengkapan
Pidato.
-kerangka pidato:pembukaan,
pendahuluan,isi dan penutup.
7.-macam-macam dalam berpidato:
Pidato wisuda,pidato orasi,
Pidato kenegaraan,pidato
Keagamaan,pidato singkat.
-prakti dalam berpidato:
Umumny dilakukan oleh seseorang
Pemimpin organisasi kepada anak
Buah organisasinya,dilakukan oleh
Pemimpin atau pejabat negara guna
Mempermudah adanya komunikasi
Sehingga terciptanya keadaan yang
Demokratis.
8.pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya,atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal.
9.tujuan pidato:
mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan sukarela,memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain.
10.fungsi pidato:
Memudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan,memudahkan komunikasi dengan sesama anggota organisasi,memudahkan komunikasi
11.teks diskusi merupakan teks yang berisi pendapat dua belah pihak,yaitu pro dan kontra,yang membuat dua belah pihak saling membicarakan masalah yang menjadi pembahasan diskusi.
12.struktur teks diskusi:
Isu,argumen pendukung(pro),argumen
Penentang(kontra),kesimpulan.
13/14.pernyataan untuk membatasi topik,
Latar belakang topik,sudut pandang
Berbeda yang akan dibahas.
15.karna digunakan untuk menghubungkan gagasan atau untuk menunjukan perubahan pendapat
16.pendapat atau argumen setuju(pro)dan pendapat atau argumen tidak setuju(kontra)yang keduanya disertai dengan alasan serta contoh yang mendukung.
17.yaitu simpulan argumen dari kedua sisi
18.waktu sekarang dan sedang terjadi,karna teks diskusi biasanya berbicara tentang permasalahan aktual.
19.kata rujukan,kata ganti,konjungsi,kata hubung dalam kalimat dan paragraf
20.kata emotif adalah kata yang mampu melibatkan pikiran pembaca seakan pembaca melihat persoalan seperti yang sedang dipikirkan.
1.Nama : Adel Lia Muzdalifa
Nim : P17124020001
Kelas : 1A D3 Kebidanan
2.- tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang
- persiapan mendadak
- menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema
- merasa canggung ketika berpidato
- tidak bisa menguasai tempat
3.Jenis pidato yang disampaikan dengan menggunakan naskah , artinya sebuah naskah pidato dibacakan dari awal sampai akhir
4.- lebih menguasai materi
- lengkap, sistematis, tdk ada yg terlupakan.
- dpt mempersiapkan dgn sangat matang
5.Tidak mendapat perhatian dari pendengar, Tidak bebas mengekspresikan kata, Suara menonton dan terlihat kaku
6.Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu
7.keuntungannya mendapat perhatian pendengar lalu dapat mempersiap kan topik pidato dan juga melatih daya ingat serta kata-kata yang dipilih sebaik-baiknya gerak dengan isyarat yang di integrasikan dengan uraian
8. - Apabila yang kita hafalkan melenceng karna lupa maka dapat membinggungkan pendengar
- Apabila tidak mengingat dengan pasti isi pidato akan terlihat kaku
- Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara beralih pada usaha untuk mengingat kata-kata memerlukan banyak waktu
- Tidak terjalin saling berhubungan antara pesan dengan pendengar, kurang langsung , kurang spontan , perhatian beralih pada kata-kata untuk megingat-ingat
9.yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan
10.berkesempatan membuat teks outline (kerangka pidato)
11.pidato bisa menjadi panjang lebar atau bahkan kehilangan isinya sama
sekali, maka harus pintar" dalam menyusun kata
12. Pidato umumnya bersifat informatif, persuasif, dan edukatif.
13. - metode manuskrip
- metode impromtu
- metode memoriter
- metode ekstempore
14.Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam menyusun pidato : mempersiapkan mental dan kondisi, menentukan tujuan pidato, memilih dan menyampaikan pokok utama, menganalisis pendengar dan suasana pidato, mengumpulkan kata kunci pidato, membuat kerangka pidato, mengurai secara detail isi pidato, melatih suara agar tidak gugup saat berpidato
15.Macam: pidato pembukaan, pidato pengarahan, pidato sambutan, pidato peresmian, pidato laporan, dan pidato pertanggungjawaban.
Praktik: biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anggota organisasinya, oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi, dan oleh pemimpin untuk menenangkan khalayak ramai
16.Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal
17.Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela. Memberikan suatu pemahaman atau sebuah informasi kepada orang lain. Membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan
18.- Memudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan.
- Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang
memalukan pidato atau orasi tersebut.
- Memudahkan komunikasi
19.Impromtu yaitu pidato tanpa naskah yang dilakukan secara spontan atau
tanpa persiapan
20.bahasa yang digunakan singkat, sehingga tidak membosankan dan pembicara bebas dalam memilih topik bahasan tetapi tepat sesuai acara
1.Afrilia zahra,1A kebidanan
2.•Impromtu dapat menimbulkan kesimpulan yang mentah, karena dasar pengetahuan yang tidak memadai.
•Impromtu mengakibatkan penyampaian yang tersendat-sendat dan tidak lancar,
•Gagasan yang disampaikan bisa “acak-acakan” dan ngawur
3.Metode memoriter/menghapal adalah metode berpidato dengan menghapal isi atau materi pidato lebih dahulu. kemudian menyampaikan isi pidato tersebut tanpa sebuah naskah.
4.Kata-kata dapat dipilih sebaik-baiknya sehingga dapat menyampaikan arti yang tepat dan pernyataan yang gamblang.
•Kefasihan bicara dapat dicapai karena kata-kata sudah disiapkan
•Manuskrip dapat diterbitkan atau diperbanyak.
5.Komunikasi pendengar akan akan berkurang karena pembicara tidak berbicara langsung kepada mereka.
-Pembicara tidak dapat melihat pendengar dengan baik karena ia lebih berkonsentrasi pada teks pidato, sehingga akan kehilangan gerak dan bersifat kaku.
6.Pidato Memoriter adalah Pidato yang ditulis dalam bentuk naskah kemudian dihapalkan kata demi kata.
7.Kata-kata dapat dipilih sebaik-baiknya karena memiliki persiapan yang baik,
•Jika mampu menghapalnya pidato akan lancar.
•Gerak dan isyarat yang diintegrasikan dengan uraian.
8.Pidato tampak datar dan monoton, sehingga pembicara tidak akan mampu menarik perhatian hadirin,
•Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara beralih pada usaha untuk mengingat kata-kata,
•Memerlukan banyak waktu persiapan.
9.Pidato Ekstempore adalah Pidato yang paling baik dan paling sering digunakan oleh juru pidato yang berpengalaman dan mahir.
10.Komunikasi pendengar dan pembicara lebih baik karena pembicara berbicara langsung kepada pendengar atau khalayaknya,
•Pesan dapat fleksibel untuk diubah sesuai dengan kebutuhan dan penyajiannya lebih spontan.
11.Memerlukan latihan yang intensif bagi pembicaranya
•Kemungkinan menyimpang dari garis besar besar sangat besar
•Kefasihan bisa terhambat karena kesukaran memilih kata-kata
12.Persuasif yaitu pidato yang menghendaki reaksi penyimak (audiens) untuk melakukan atau meninggalkan perilaku, sikap, atau keyakinan tertentu,sesuai dengan harapan pembicara Informatif
13.Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
•Impromptu
•Memoriter
•Naskah
•Ekstemporan
14.Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam menyusun pidato : mempersiapkan mental dan kondisi, menentukan tujuan pidato, memilih dan menyampaikan pokok utama, menganalisis pendengar dan suasana pidato, mengumpulkan kata kunci pidato, membuat kerangka pidato, mengurai secara detail isi pidato, melatih suara agar tidak gugup saat berpidato
15.Macam-macam dalam berpidato adalah sebagai berikut :
•Pidato wisuda
•Pidato Orasi
•Pidato kenegaraan
•Pidato keagamaan
•Pidato kepemimpinan
•Pidato singkat
16.Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal.
17.Tujuan pidato adalah sebagai berikut :
•Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
•Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
•Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.
18.Fungsi pidato adalah sebagai berikut :
•Meudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan.
•Memudahkan komunikasi dengan sesama anggota organisasi.
•Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan pidato atau orasi tersebut.
19.pidato yang dilakukan secara spontan atau tiba-tiba dipanggil untuk menyampaikan pidato dalam sebuah acara.
20.Keuntungan Menggunakan Pidato Impromptu
•Impromtu lebih dapat mengungkapkan perasaan pembicara yang sebenarnya, karena pembicara tidak memikirkan lebih dulu pendapat yang disampaikannya,
•Gagasan dan pendapatnya dating secara spontan, sehingga tampak segar dan hidup.
1. Nama: Shafira Anjelia
Kelas: 1A Kebidanan
Nim: P17124020034
2. Metode Impromtu
Kerugian :
1. tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang
2. persiapan mendadak untuk menyusun pidato dengan benar
3. menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema
3. Metode pidato manuskrip atau membaca naskah (menggunakan teks) ini sungguh menyelamatkan. Yang diperlukan hanyalah pemahaman tentang intonasi, stressing pada kata atau kalimat tertentu, serta mengatur jeda.
4.1. lancar dan mudah dalam menyampaikan inti/maksud pidato
2. dapat mempersiapkan pidato dengan sangat matang
5.1. tidak mendapat perhatian dari pendengar
2. tidak bebas mengekspresikan kata
3. menciptakan suasana yang kurang efektif dalam berpidato
6.Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
7.1. mendpat perhatian pendengar
2. dapat mempersiapkan topik pidato
3. melatih daya ingat
8.1. apabila yang kita hafalkan melenceng dari permbicaraan dapat membingungkan
2. apabila tidak dapat mengingat dengan pasti isi pidato, akan terlihat kaku
9.pidato. Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.
10.1. materi yang diungkapkan secara sistematis dan lengkap
2. dapat mengekspresikan kata
3. mendapat perhatian dari pendengar
11.haruslah pintar2 dalam menyusun kata
12.SIFAT PIDATO
INFORMATIF
EDUKATIF
13.a. Metode impromptu
Impromptu atau mendadak adalah metode pidato yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali.
b. Metode ekstemporan
Metode ekstemporan dilakukan tanpa adanya naskah pidato, akan tetapi pembicara masih mempunyai kesempatan untuk membuat kerangka isi pidato.
c. Metode membaca naskah
Metode membaca naskah biasanya dilakukan untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan resmi
d. Metode menghafal
Dalam metode ini pembicara memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan, membuat naskah, dan menghafalkan naskah.
14.langkah langkah dalam persiapan pidato
a. mempersiapkan mental dan kondisi
b. menentukan tujuan pidato.
c. memilih dan menyampaikan pokok utama.
d. menganalisis pendengar dan suasana pidato.
e. mengumpulkan kata kunci pidato.
f. membuat kerangka pidato.
g. mengurai secara detail isi pidato.
h. melatih suara agar tidak gugup saat berpidato.
15.a. Metode impromptu
Impromptu atau mendadak adalah metode pidato yang dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya persiapan sama sekali.
b. Metode ekstemporan
Metode ekstemporan dilakukan tanpa adanya naskah pidato
c. Metode membaca naskah
Metode membaca naskah biasanya dilakukan untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan resmi
d. Metode menghafal
Dalam metode ini pembicara memiliki waktu yang cukup untuk merencanakan,membuat naskah, dan menghafalkan naskah.
16.Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.
17.Tujuan pidato antara lain : Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela. Memberikan suatu pemahaman atau sebuah informasi kepada orang lain.
18.Fungsi Pidato adalah untuk mengajak, memengaruhi, menghimbau, sebuah khalayak ramai, agar bisa mengikuti yg disampaikan.
19.Pidato impromtu merupakan jenis pidato yang dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya.
20.1. dapat mengekspresikan kata dalam berpidato
2. bebas memilih topik bahasan
1. Nama: Andini
Jurusan : Kebidanan
Kelas 1B
TTL: Kamis, 13 Agustus 2020
2. Metode Impromtu
Kerugian :
1. tidak dapat menyiapkan topik
Pidato dengan matang
2. persiapan mendadak untuk
menyusun pidato dengan benar
3. menyebabkan isi pidato yang
melenceng dari tema
3. Metode pidato manuskrip atau membaca naskah (menggunakan teks) ini sungguh menyelamatkan. Yang diperlukan hanyalah pemahaman tentang intonasi, stressing pada kata atau kalimat tertentu, serta mengatur jeda.
4.1. Lancar dan mudah dalam
menyampaikan inti/maksud pidato
2. Dapat mempersiapkan pidato dengan
sangat matang
5.1. tidak mendapat perhatian dari
pendengar
2. tidak bebas mengekspresikan kata
3. menciptakan suasana yang kurang
efektif dalam berpidato
6.Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu.
7. 1. mendapat perhatian pendengar
2. dapat mempersiapkan topik pidato
3. melatih daya ingat
8. 1. apabila yang kita hafalkan
melenceng dari pembicaraan
dapat membingungkan
2. Apabila tidak dapat mengingat
dengan pasti isi pidato, akan
terlihat kaku
9.pidato. Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan.
10.1. materi yang diungkapkan secara
sistematis dan lengkap
2. dapat mengekspresikan kata
3. mendapat perhatian dari pendengar
11.haruslah pintar pintar dalam menyusun kata
12.Sifat Pidato
Informatif
Edukatif
13. Impromptu / spontan, Ekstemporan / Penjabaran kerangka, Naskah dan Menghafal.
14. 1. mempersiapkan mental dan kondisi
2. menentukan tujuan pidato
3. memilih dan menyampaikan pokok
utama
4. menganalisis pendengar dan
suasana pidato
5. mengumpulkan kata kunci pidato
6. membuat kerangka pidato
7. mengurai secara detail isi
pidato
8. melatih suara agar tidak gugup
saat berpidato
15. Macam macam pidato diantaranya pidato ilmiah, khutbah, pengadilan, ceramah, kuliah, diskusi, sarasehan, politik, dan rapat umum. Prakteknya dapat dilaksanakan secara impromptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan
16. Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal.
17. Menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain agar mereka mengikuti kehendak kita
18. Fungsinya yaitu Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.
19. Pidato impromtu merupakan jenis pidato yang dilakukan secara tiba-tiba, spontan, tanpa persiapan sebelumnya.
20. 1. dapat mengekspresikan kata dalam
berpidato
2. bebas memilih topik bahasan
1.Nama : Nadia ainul haq
Nim : P17124020066
Kelas : 1B Kebidanan
2.- tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang
- persiapan mendadak
- menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema
- merasa canggung ketika berpidato
- tidak bisa menguasai tempat
3.Jenis pidato yang disampaikan dengan menggunakan naskah , artinya sebuah naskah pidato dibacakan dari awal sampai akhir
4.- lebih menguasai materi
- lengkap, sistematis, tdk ada yg terlupakan.
- dpt mempersiapkan dgn sangat matang
5.Tidak mendapat perhatian dari pendengar, Tidak bebas mengekspresikan kata, Suara menonton dan terlihat kaku
6.Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu
7.keuntungannya mendapat perhatian pendengar lalu dapat mempersiap kan topik pidato dan juga melatih daya ingat serta kata-kata yang dipilih sebaik-baiknya gerak dengan isyarat yang di integrasikan dengan uraian
8. - Apabila yang kita hafalkan melenceng karna lupa maka dapat membinggungkan pendengar
- Apabila tidak mengingat dengan pasti isi pidato akan terlihat kaku
- Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara beralih pada usaha untuk mengingat kata-kata memerlukan banyak waktu
- Tidak terjalin saling berhubungan antara pesan dengan pendengar, kurang langsung , kurang spontan , perhatian beralih pada kata-kata untuk megingat-ingat
9.yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan
10.berkesempatan membuat teks outline (kerangka pidato)
Nomor 11-20 di pisah ya pak
Lanjutan nya pak - Nadia ainul haq kelas 1B
11.pidato bisa menjadi panjang lebar atau bahkan kehilangan isinya sama
sekali, maka harus pintar" dalam menyusun kata
12. Pidato umumnya bersifat informatif, persuasif, dan edukatif.
13. - metode manuskrip
- metode impromtu
- metode memoriter
- metode ekstempore
14.Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam menyusun pidato : mempersiapkan mental dan kondisi, menentukan tujuan pidato, memilih dan menyampaikan pokok utama, menganalisis pendengar dan suasana pidato, mengumpulkan kata kunci pidato, membuat kerangka pidato, mengurai secara detail isi pidato, melatih suara agar tidak gugup saat berpidato
15.Macam: pidato pembukaan, pidato pengarahan, pidato sambutan, pidato peresmian, pidato laporan, dan pidato pertanggungjawaban.
Praktik: biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anggota organisasinya, oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi, dan oleh pemimpin untuk menenangkan khalayak ramai
16.Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal
17.Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela. Memberikan suatu pemahaman atau sebuah informasi kepada orang lain. Membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan
18.- Memudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan.
- Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang
memalukan pidato atau orasi tersebut.
- Memudahkan komunikasi
19.Impromtu yaitu pidato tanpa naskah yang dilakukan secara spontan atau
tanpa persiapan
20.bahasa yang digunakan singkat, sehingga tidak membosankan dan pembicara bebas dalam memilih topik bahasan tetapi tepat sesuai acara
1.Nama : Nadia ainul haq
Nim : P17124020066
Kelas : 1B Kebidanan
2.- tidak dapat menyiapkan topik pidato dengan matang
- persiapan mendadak
- menyebabkan isi pidato yang melenceng dari tema
- merasa canggung ketika berpidato
- tidak bisa menguasai tempat
3.Jenis pidato yang disampaikan dengan menggunakan naskah , artinya sebuah naskah pidato dibacakan dari awal sampai akhir
4.- lebih menguasai materi
- lengkap, sistematis, tdk ada yg terlupakan.
- dpt mempersiapkan dgn sangat matang
5.Tidak mendapat perhatian dari pendengar, Tidak bebas mengekspresikan kata, Suara menonton dan terlihat kaku
6.Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah pidato terlebih dahulu
7.keuntungannya mendapat perhatian pendengar lalu dapat mempersiap kan topik pidato dan juga melatih daya ingat serta kata-kata yang dipilih sebaik-baiknya gerak dengan isyarat yang di integrasikan dengan uraian
8. - Apabila yang kita hafalkan melenceng karna lupa maka dapat membinggungkan pendengar
- Apabila tidak mengingat dengan pasti isi pidato akan terlihat kaku
- Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara beralih pada usaha untuk mengingat kata-kata memerlukan banyak waktu
- Tidak terjalin saling berhubungan antara pesan dengan pendengar, kurang langsung , kurang spontan , perhatian beralih pada kata-kata untuk megingat-ingat
9.yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar konsep pidato yang akan disampaikan
10.berkesempatan membuat teks outline (kerangka pidato)
11.pidato bisa menjadi panjang lebar atau bahkan kehilangan isinya sama
sekali, maka harus pintar" dalam menyusun kata
12. Pidato umumnya bersifat informatif, persuasif, dan edukatif.
13. - metode manuskrip
- metode impromtu
- metode memoriter
- metode ekstempore
14.Langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam menyusun pidato : mempersiapkan mental dan kondisi, menentukan tujuan pidato, memilih dan menyampaikan pokok utama, menganalisis pendengar dan suasana pidato, mengumpulkan kata kunci pidato, membuat kerangka pidato, mengurai secara detail isi pidato, melatih suara agar tidak gugup saat berpidato
15.Macam: pidato pembukaan, pidato pengarahan, pidato sambutan, pidato peresmian, pidato laporan, dan pidato pertanggungjawaban.
Praktik: biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anggota organisasinya, oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi, dan oleh pemimpin untuk menenangkan khalayak ramai
16.Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi agar dapat menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran pada suatu hal
17.Mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa kemauan kita dengan suka rela. Memberikan suatu pemahaman atau sebuah informasi kepada orang lain. Membuat orang lain merasa senang dengan pidato yang disampaikan dan menghibur sehingga orang lain senang dengan apa yang disampaikan
18.- Memudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan.
- Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang
memalukan pidato atau orasi tersebut.
- Memudahkan komunikasi
19.Impromtu yaitu pidato tanpa naskah yang dilakukan secara spontan atau
tanpa persiapan
20.bahasa yang digunakan singkat, sehingga tidak membosankan dan pembicara bebas dalam memilih topik bahasan tetapi tepat sesuai acara
Posting Komentar