Rabu, 01 April 2020

SOAL LATIHAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER


KEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES JAKARTA I
 JURUSAN ORSTOTIK PROSTETIK
Jalan RS. Fatmawati, Cilandak-Jakarta Selatan
Telp/Fax. 021-7656536


SOAL LATIHAN

Mata Kuliah             ; Bahasa Indonesia
Waktu                     : 90 menit
Dosen                     : Drs. Parmono, M.Pd.

PETUNJUK PENGERJAAN SOAL PILIHAN GANDA

Pilihlah (A, B, C, D, atau  E) dan  beri tanda silang ( X ) di lembar jawabanmu!

PLAGIARISME SEBAGAI BENTUK KECURANGAN AKADEMIK
(WACANA)

Kecurangan akademik (academic fraud) dapat terjadi berbagai bentuk. Bentuk yang paling umum adalah mencoba mencontek atau menggunakan kertas contekkan dalam ujian. Tetapi, meskipun plagiarisme juga dianggap sebagai bentuk kecurangan akademik, kedua konsep tersebut sering dipisahkan. Pengertian kecurangan meliputi tindakan sebagai berikut: 1) menggunakan bantuan dalam ujian (kalkulator, handphone, buku, outline, catatan dsb) yang penggunaannya tidak mendapatkan ijin secara terbuka; 2) mencoba membaca apa yang ditulis kandidat lain selama ujian, atau bertukar informasi di dalam atau di luar tempat ujian; 3) menggunakan identitas orang lain selama ujian; 4) memiliki soal ujian yang akan dikerjakan sebelum jadwal ujian dilaksanakan; 5) memalsukan atau membuat-buat jawaban wawancara atau survei atau data riset.
Sedangkan plagiarisme meliputi tindakan sebagai berikut: 1) menggunakan atau mengambil teks, data atau gagasan orang lain tanpa memberikan pengakuan terhadap sumber secara benar dan lengkap; 2) menyajikan struktur, atau tubuh utama gagasan yang diambil dari sumber pihak ketiga sebagai gagasan atau karya sendiri bahkan meskipun referensi pada penulis lain dicantumkan; 3) mengambil materi audio atau visual orang lain, atau materi test, sofware dan kode program tanpa menyebut sumber dan menampilkannya seolah-olah sebagai karyanya sendiri; 4) tidak menunjukkan secara jelas dalam teks, misalnya dengan tanda kutipan atau penggunaan lay-out tertentu, bahwa kutipan literal atau yang mendekati literal dimasukkan dalam sebuah karya, bahkan meskipun rujukan yang benar terhadap sumber sudah dimasukkan; 5) memparafrase (mengubah kalimat orang lain ke dalam susunan kalimat sendiri tanpa mengubah idenya) isi dari teks orang lain tanpa rujukan yang memadai terhadap sumber; 6) menggunakan teks yang pernah dikumpulkan sebelumnya, atau menggunakan teks yang mirip dengan teks yang pernah dikumpulkan sebelumnya untuk tugas sebuah mata kuliah; 7) mengambil karya sesama mahasiswa dan menjadikannya sebagai karya sendiri; 8) mengumpulkan paper yang dibuat dengan cara membeli atau membayar orang lain untuk membuatnya.
Definisi di atas tentu saja hanya mengatur kecurangan dan plagiarisme dalam situasi ujian atau test. Ini berarti bahwa definisi itu tidak berlaku untuk plagiarisme yang dilakukan ketika mahasiswa sedang membuat draft tulisan atau dokumen persiapan yang lain untuk tesis atau paper. Pada saat dosen mendeteksi adanya plagiarisme dalam tahap persiapan, sudah seharusnya dosen mengingatkan mahasiswa, jika draft itu dikumpulkan sebagai teks yang definitif, akan terjadi masalah.
Plagiarisme yang terjadi dalam tahap persiapan, kemudian terdeteksi dan akhirnya mahasiswa melakukan perbaikan terhadap tulisannya, mengindikasikan bahwa mahasiswa tidak secara sengaja melakukan plagiarisme. Plagiarisme semacam ini dikategorikan sebagai "plagiarisme tidak sengaja" (inadvertent plagiarism), yaitu plagiarisme yang terjadi karena ketidaktahuan (ignorancy) terutama adalah ketidaktahuan dalam cara menggunakan dokumentasi, mengutip dan melakukan parafrase. Tetapi "plagiarisme tidak sengaja" (inadvertent plagiarism) adalah tetap sebuah tindakan plagiarisme dan pelakunya dapat dikenai sanksi yang sama seperti halnya plagiarisme yang sengaja (deliberate plagiarism). Plagiariasme sengaja adalah tindakan plagiarisme dengan niat jahat untuk mencuri atau secara sengaja menjiplak karya orang lain demi kepentingan diri sendiri dan umumnya juga untuk kepentingan jangka pendek, misalnya, agar cepat lulus. Tetapi, berbeda dengan plagiarisme secara sengaja yang pelakunya biasanya diberi hukuman yang sepadan sesuai dengan peraturan dalam sebuah universitas, plagiarisme secara tidak sengaja dapat dicegah dengan menunjukkan bagaimana cara menghindari plagiarisme.
(Wacana dikutip dari filsafat.ugm.ac.id/aw/Plagiat.doc)


Soal nomor 1-6 berkaitan dengan wacana di atas! Untuk itu, Anda perlu membaca wacana dan soal dengan teliti.
1.       Kecurangan akademik atau disebut juga dengan istilah..........
A.    academic fraud
B.     academis fraud
C.     academic frauds
D.    academik fraud
E.     academic fraun


2.      Logika paragraf pertama dari wacana di atas adalah.............
A.    Umum à khusus
B.     Campuran
C.     Khusus àumum
D.    Induktif
E.     Induktif berpenegas



3.      Ide pokok paragraf kedua dari wacana di atas adalah..................
A.    Sedangkan Plagiarisme
B.     Tindakan Plagiarisme
C.     Plagiarisme adalah......
D.    Menghindari Plagiarisme
E.     Deduktif

4.  Paragraf ketiga dari wacana di atas berjenis
A.    Deskripsi       B. Eksposisi      C. Narasi      D. Argumentasi       E. Persuasi

5.   Ada pesan moral dalam wacana di atas, yaitu untuk ..............
A.    Menyebarkan plagiarisme
B.    Menggiatkan plagiarisme
C.    Menghindari plagiarisme
D.    Memusuhi plagiarisme
E.    Mengajak berplagiarisme

6.   Ide pokok paragraf terakhir berpola........
A.    Induktif
B.    Deduktif
C.    Campuran
D.    Deduktif berpenegas
E.     Paragraf yang tidak logis

7.  Definisi di atas tentu saja hanya mengatur kecurangan dan plagiarisme dalam situasi ujian atau test. Kalimat yang bercetak tebal tersebut merujuk pada……………….
A.    Kecurangan akademik pada paragraf I
B.    Plagiarisme pada paragraf II
C.    Plagiarisme pada paragraf IV
D.    Plagiarisme pada paragraf III
E.    Tidak ada jawaban yang benar

8.   Pernyataan yang benar tentang bahasa di bawah ini adalah......................
A.   Alat verbal yang digunakan untuk berkomunikasi
B.     Alat nonverbal yang digunakan untuk berkomunikasi.
C.     Bahasa adalah gestur.
D.    Rangkaian bunyi yang tidak memiliki makna.
E.     Proses penyampaian informasi dalam komunikasi.

 9.  Seperangkat ujaran yang bermakna, yang dihasilkan oleh alat ucap manusia adalah pengertian bahasa… (seharusnya jawabannya teknis) jadi bonus
A.    Secara praktis
B.     Secara empiris
C.     Secara logis
D.    Secara teoretis
E.     Secara dinamis

10. Bahasa lahir pada waktu kelahiran manusia (nurani). Konsepsi pemikiran tersebut disampaikan oleh…………..
A.    FB. Condilac
B.     Von Hender
C.     Von Schlegel
D.   Brooks (1975)
E.     Philip Lieberman (1975)

11. Ketika ada kesesuaian persepsi antara pembicara dan pendengar, antara penulis dan pembaca, merupakan konsep dari......
A.   Efektivitas berbahasa
B.     Komunikasi terapeutik
C.     Komunikasi nonverbal
D.    Berbahasa lisan
E.     Berbahasa indonesia

12.   Pernyataan di bawah ini salah, yaitu.....
A.    Bahasa menggunakan jalur vokal auditif
B.    Bahasa dapat tersiar ke segala arah, tetapi penerimanya terarah.
C.    Lambang bahasa berupa bunyi cepat hilang setelah diucapkan.
D.    Partisipan dalam komunikasi bahasa dapat saling berkomunikasi(interchageability).
E.   Komunikasi bahasa mempunyai tidak mempunyai spesialisasi

13.  Kondisi berbahasa di Indonesia yaitu: 1) bahasa daerah (bahasa ibu/bahasa yang pertama kali dikuasai sejak seorang mulai mengenal bahasa); 2) bahasa nasional/Indonesia (bahasa kedua yang rata-rata diperoleh dengan jalur pendidikan); dan bahasa asing  (bahasa Inggris, Arab, Mandarin, Jepang, dll) adalah kondisi……
A.    Keniscayaan sikap berbahasa
B.     Keparipurnaan sikap berbahasa
C.     Keragaman sikap berbahasa
D.    Kesenjangan sikap berbahasa
E.     Konsekuensi sikap berbahasa

14.  Sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928, butir ketiga: “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.” Konsep tersebut memungkinkan Bangsa Indonesia menjadi…….
A.  Bilingualisme
B.    Monolingualisme
C.    Ekabahasawan
D.    Monobahasa
E.     Bahasa asing tidak ada ruang

15.  Di bawah ini merupakan ragam bahasa ilmiah, kecuali......
A.    Baku
B.    Logis
C.  Konotatif
D.    Ringkas
E.     Runtun

16.  Ibu Guru Ani sakit dirawat di RS Syamsudin, SH.
Kalimat di atas bisa menimbulkan persepsi yang berbeda. Dapat diperjelas dengan menambahkan pungtuasi (tanda baca)….
A.    Tanda koma pada kata ibu
B.    Tanda koma pada kata guru
C.    Tanda koma pada kata Ani
D.   Tanda koma pada kata ibu, guru, dan Ani.
E.    Tanda koma pada kata sakit

17.  Pernyataan di bawah ini benar tentang pungtuasi (tanda  baca).
A.    Ibu membeli garam gula dan bumbu masak.
B.    Doni membeli penggaris, pensil dan bolpoin.
C.    Herman membawa buku tulis, penggaris, bolpoin, dan tintanya.
D.    Nenek menambahkan gula, garam, dan merica ke dalam masakanya.
E.     Salah semua.

18.  Penggunaan pungtuasi atau tanda baca pada gelar akadeik di bawah ini benar.
A.    Radiman, SPd, MPd
B.    Radiman, S.Pd, MPd.
C.   Radiman  SPd, MPd.
D.   Radiman. SPd. MPd.
E.    Radiman, S.Pd., MPd.

19.  Pada saat dosen mendeteksi adanya plagiarisme dalam tahap persiapan sudah seharusnya dosen mengingatkan mahasiswa jika draft itu dikumpulkan sebagai teks yang definitif akan terjadi masalah
A.    Seharusnya ada  3 tanda koma setelah kata persiapan, mahasiswa, dan definitif.
B.    Seharusnya ada  2 tanda koma setelah kata persiapan dan definitif.
C.    Akhir kalimat  di atas adalah tanda seru (!) karena kalimat perintah.
D.    Akhir kalimat  di atas adalah tanda tanya (!) karena kalimat pertanyaan.
E.    Tidak ada jawaban yang benar.

20.  Dapat mengkomunikasikan pikiran dan perasaan penulis terhadap pembaca, pembicara terhadap pendengar secara tepat.
A.    Kalimat aktif
B.   Kalimat efektif
C.    Kalimat tidak efektif
D.    Kaimat reflektif
E.     Kalimat pasif

21.  Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1)   Segera parasutnya mengembang dan seketika ia sudah melayang-layang di angkasa.
(2)   Pilot lalu menekan sebuah knop, menarik tali pembuka parasut.
(3)   Ia tahu pesawat temput itu tak akan dapat mendarat dengan selamat.
(4)   Ketika ia terayun-ayun tinggi di udara, ia melihat pesawat menghantam ladang di bawah, meledak seperti bom.
(5)   Tiba-tiba pilot melihat ekor terbakar, timbul letusan lain di belakangnya.

Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf yang padu adalah ....
A.    (1), (2), (3), (4), dan (5)
B.    (5), (3), (1), (2), dan (4)
C.   (3), (5), (2), (1), dan (4)
D.   (5), (3), (2), (1), dan (4)
E.    (3), (2), (1), (4), dan (5)

22.    Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1)   Syukur-syukur jadi anak superior dengan IQ di atas 130.
(2)   Dalam paradigma IQ dikenal kategori hamper atau genius kalau seorang punya IQ di atas 140.
(3)   Hingga hari ini pun masih banyak orang tua yang mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir
      dengan IQ (Intelligence Quotient) di atas level normal (lebih dari 100)
(4)   Harapan itu tentu sah saja.
(5)   Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQ-nya disebut-sebut lebih dari 160.

Agar menjadi paragraf yang baik urutan kalimat-kalimat di atas yang benar adalah ....
A.    (1), (2), (3), (4), dan (5)
B.     (2), (3), (4), (5), dan (1)
C.    (3), (1), (4), (2), dan (5)
D.    (4), (2), (5), (3), dan (1)
E.    (5), (3), (1), (4), dan (2)

23.        Cermatilah kalimat-kalimat berikut!
(1)   Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang selalu basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)   Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3)   Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4)   Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5)   Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.

Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang padu dengan urutan ....
A.    (1), (3), (2), (5), dan (4)
B.    (2), (1), (5), (4), dan (3)
C.   (3), (1), (5), (2), dan (4)
D.   (4), (5), (1), (2), dan (3)
E.   (4), (1), (5), (2), dan (3)

24.     Cermatilah susunan kalimat berikut!
(1)   Naikkan panci berisi air ke atas kompor.
(2)   Nyalakan kompor atau dalam posisi panas.
(3)   Siapkan cetakan yang sudah dibasahi.
(4)   Cairkan bubuk agar-agar dengan air dingin dalam gelas.
(5)   Masukan cairan bubuk agar-agar ke dalam panci yang telah berada di atas kompor.
(6)   Aduk terus hingga mendidih beberapa saat.
(7)   Angkat kemudian tuang adonan ke dalam cetakan.

Kalimat-kalimat tersebut  dapat dijadikan paragraf yang baik dengan urutan ....
A.    (4), (3), (2), (1), (5), (6), dan (7)
B.    (4), (5), (2), (1), (7), (5), dan (6)
C.   (3), (2), (1), (5), (4), (6), dan (7)
D.   (2), (3), (4), (1), (7), (6), dan (5)
E.    (2), (1), (3), (5), (4), (6), dan (7)

25.  Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1)   Untuk mendapatkan khasiat ini, makan buah dan sayuran kaya vitamni C.
(2)   Sebuah paprika merah ukuran sedang misalnya, memberikan 226 mg.
(3)   Mendapatkan paling sedikit 180 mg vitamin C setiap hari dapat mengurangi risiko gingivitis sampai lebih dari 1,5 kali.
(4)   Selain itu, vitamin C menetralkan radikal-radikal bebas, partikel perusak sel yang dapat mempercepat perkembangan kanker dan masalah-masalah kesehatan lainnya.
(5)   Memang tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk membentuk kologen, komponen penting dalam jaringan penunjang gusi.

Susunan kalimat yang padu dari kalimat acak di atas adalah ....
A.    (3), (4), (1), (2), dan (5)
B.    (2), (1), (4), (3), dan (5)
C.   (3), (5), (4), (1), dan (2)
D.   (5), (1), (2), (3), dan (4)
E.   (5), (2), (1), (4), dan (3)

26.  Bukan merupakan hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih topik.
A.    topik harus bermanfaat
B.    menarik dan sesuai dengan minat penulis
C.    topik harus dikuasai penulis
D.    tersedia sumber-sumber informasi dan bacaan
E.   topic harus sensasional

27.  Di dalam latar belakang yang baik harus mencantumkan hal-hal di bawah ini, kecuali
A.    Kesenjangan
B.    Kondisi Ideal
C.   Landasan teoritis
D.   Alasan mengkaji masalah tersebut
E.  Semua jawaban benar

28.   Bukan merupakan teknik pengumpulan data dalam menulis karya tulis ilmiah.
A.    Wawancara
B.    Observasi
C.    Angket
D.    Studi pustaka
E.   Studi banding

Pilihan jawaban untuk soal nomor 29-34 memiliki cakupan makna  yang  bermiripan atau sepadan! Untuk itu, Anda perlu membaca soal dengan teliti sambil memperhatikan konteksnya agar dapat membedakan nuansa maknanya.
29.  Forum komunikasi ilmiah merupakan… perdebatan para intelektual.
       A.    arena             B. ajang      C. medan         D. tempat       E. sarana

30.  Pergunakanlah timbangan yang sudah ada tanda …nya!
A.    Cap      B. stempel       C. merek          D. tera                         E. logo

31.  …semester ini akan kugunakan untuk merancang ruang belajar yang efektif.
       A.    Reses               B. Jeda            C. Libur           D. Cuti            E. Week end

32.  Kepala proyek sedang … proposal yang baik  kepada mahasiswa yang sedang latihan bekerja bersamanya.
A.    Mengajar         B.    mengajarkan        C. mengajari          D. ajarkan       E. belajar

33.  Istilah yang tepat untuk ‘perdebatan tertulis melalui media masa (koran, majalah)’ adalah….
A.    Polemic      B. kampanye      C. opini      D. rubric      E. demontrasi

34.  Bahasa ibu itu penting, bahasa Indonesia itu wajib, dan bahasa asing itu perlu. Selogan tadi merupakan komitmen yang dibangun oleh Badan Bahasa Kemendikbud RI kepada para pemakai bahasa berkaitan dengan……………….
A.    Gengsi bahasa
B.    Estetika bahasa
C.    Sikap berbahasa
D.    Nilai Bahasa
E.    Citra berbahasa

35.  Pembinaan bahasa Indonesia berorientasi kepada…………….
A.    Kosakata baru
B.    Kata Serapan
C.   Istilah Baru
D.  Pemakai bahasa Indonesia
E.    Pemerhati dan pengamat bahasa

36.  Pengembangan bahasa Indonesia merujuk pada………..
A.  Kosakata dan unsur serapan
B.   Pemakai
C.   Kritikus bahasa
D.   Mahasiswa
E.   Semua jawaban benar

37.  Bagian ketiga “Sumpah Pemuda” menekankan tentang………..
A.    Bangsa dan persatuan
B.   Tumpah darah yang satu
C.   Tanah Air Indonesia
D.  Bahasa Persatuan: bahasa Indonesia
E.   Tidak ada jawaban yang benar

38.  Pemakaian Ejaan Van Ophuysen bisa kita jumpai pada jawaban di bawah ini….
A.   Presiden pertama RI adalah Soekarno
B.    Ejaan yang disempurnakan
C.    Ejaan Suwandi
D.    Ejaan Republik
E.     Hari hujan,  untung saya membawa payung.

39.  Pemakaian EYD bisa kita jumpai pada pernyataan di bawah ini……
A.  Huruf (tj) menjadi huruf (c)
B.    Padjung menjadi pajung
C.   Soemarti lahir tahun 2000.
D.   Saat ini Mahasiswa STIKES mengikuti UTS
E.   Semua jawaban benar

40.  Penulisan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat di bawah ini….
A.     Kita harus menghormati Ayah dan Ibu kita.
B.     Hanya anda yang paham tentang kelebihan dan kekurangan diri anda.
C.     Menurut tafsiran persalinan Bu Bidan, istri saya akan melahirkan minggu ini.
D.    Cita-citaku menjadi seorang Bidan yang mengadi pada masyarakat.
E.     Hanya kepadanya Kami berserah diri.

41.  Salah satu indikator pembangunan kesehatan adalah AKI (angka kematian ibu) dan AKB (angka kematian bayi). Tigginya AKI (angka kematian ibu) dan AKB (angka kematian bayi) di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor yang memerlukan upaya penanganan serius dari semua pihak. Upaya menurunkan  AKB dan AKI tersebut dilakukan melalui sosialisasi pemberian ASI eksklusif  dan gerakan sayang ibu.
Paragaraf di atas adalah paragraf ……….
A.    Induktif
B.     Deduktif
C.     Deduktif – Induktif
D.    Induktif – Deduktif
E.     Campuran

42.  Bacalah dengan cermat!
Pagi hari itu aku duduk di bangku panjang dalam taman di belakang rumah. Matahari belum tinggi benar, baru sepenggalah. Sinar matahari pagi menghangatkan badan. Di depanku terlihat berbagai bunga beraneka warna. Kuhirup udara pagi yang segar sepuas-puasku.
Jenis paragraf di atas adalah …………
A.    Naratif
B.    Eksposisi
C.   Persuasi
D.  Deskripsi
E.    Argumentasi

43.  Bacalah teks berikut dengan saksama!
Perilaku sehat merupakan pilar yang paling utama. Hal ini karena komponen tersebut ternyata sangat berpengaruh pada kedua pilar lainnya. Seperti seseorang dengan perilaku sehat, seseorang akan memanfaatkan fasiltas pelayanan kesehatan yang ada untuk memelihara kesehatannya.

Ide pokok paragraf di atas  adalah ....
A.    memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada
B.    menjaga lingkungannya agar tetap sehat
C.    perilaku sehat akan perpengaruh pada pilar-pilar lainnya
D.    berperilaku sehat akan menjaga kebersihan
E.     perilaku sehat merupakan pilar utama

44.  Beberapa pernyataan tentang kalimat di bawah ini benar, kecuali……..
A.    Kalimat aktif adalah kalimat yang memiliki predikat berawalan me-.
B.    Kalimat pasif adalah kalimat yang memiliki predikat berawalan di-.
C.   Adiku pergi ke sekolah tadi pagi.
D.  Rani menyirami
E.    Ramlan anaknya Pak Mustafa.

45.  Pilihlah bibliografi di bawah ini yang benar cara penulisannya!
A.    Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tahun 2012. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
B.     Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tahun 2012.
C.     Pudentia, MPSS (2008).  Metodologi Kajian Tradisi Lisan.  Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.
D.    (2012). Pengelolaan Warisan Budaya. Makalah  tersedia di: www.fib.ui.ac.id. Diunduh tanggal, 11-11-2013.
E.     ____ (2012). Pengelolaan Warisan Budaya. Makalah (Online) tersedia di: www.fib.ui.ac.id.

46.  Pilihlah cara penulisan bibliografi (daftar pustaka) di bawah ini yang benar!
A.    Jumadi, Ahmad (2013). Kesehatan Masyarakat dan Permasalahannya. Radians:  
                            Bandung.
B.     Jumadi, Ahmad. (2013). Kesehatan Masyarakat Dan Permasalahannya, Radians:  
                            Bandung.
C.     Jumadi Ahmad. (2013). Kesehatan Masyarakat dan Permasalahannya. Radians:  
                            Bandung.
D.    Jumadi Ahmad (2013). Kesehatan Masyarakat dan Permasalahannya. Radians:  
                            Bandung
E.     Jumadi Ahmad (2013), Kesehatan Masyarakat dan Permasalahannya  Radians,
                            Bandung.

47.   Pernyataan di bawah ini tentang kutipan adalah benar, kecuali……
A.    Kutipan dari bahasa Ingris ditulis dengan huruf yang dimiringkan dan diterjemahkan.
B.    Kutipan lebih dari lima baris ditulis terpisah dengan sepasi satu (rapat).
C.   Kutipan kurang dari lima baris ditulis terintegrasi dalam tulisan.
D.   Kutipan langsung menggunakan dua tanda petik (“) di awal dan di akhir kutipan.
E.  Kesalahan penulis kutipan tidak dikategorikan sebagai plagiarisme

48.  Perhatikanlah kutipan di bawah ini, cermati, dan pilihlah pernyataan yang benar!
Negara merupakan sebuah wilayah teritorial dengan batas-batas tertentu yang ditetapkan berdasarkan hukum nasional dan internasional. Sebagaimana dikemukakan oleh Kumorotomo (2009: 55), “Negara adalah suatu bentuk permanen yang terdiri dari orang-orang yang hidup bersama dalam suatu teritori dan organisasi di bawah suatu pemerintahan yang bebas dari kontrol luar serta membentuk memberlakukan hukum di dalam batas-batas tersebut.”
A.    Teknik pengutipan di atas benar yaitu menggunakan metode Harvard.
B.    Teknik pengutipan di atas benar sesuai dengan kaidah bahasa.
C.   Teknik pengutipan di atas benar sesuai dengan KBBI.
D.   pengutipan di atas salah.
E.   Semua pernyataan salah

49.  Bukan merupakan ciri kalimat efektif adalah………..
A.    Keutuhan, kesatuan, kelogisan, atau kesepadanan makna dan struktur.
B.    Kesejajaran  bentuk kata, dan (atau) struktur kalimat secara gramatikal.
C.    Kefokusan pikiran sehingga mudah difahami.
D.    Kehematan penggunaan unsur kalimat.
E.   Menggunakan kata yang tidak mudah dipahami

50.  Pilihlah pernyataan di bawah ini yang paling tepat tentang plagiarisme.
A.    Jika seseorang memiliki niat untuk mengakui tulisan milik orang lain dikategorikan plagiarisme tidak disengaja.
B.     Plagiarisme disengaja karena ketidaktahuan pelakunya.
C. Jika seseorang tidak memiliki niat untuk mengakui tulisan milik orang lain dikategorikan plagiarisme tidak disengaja.
D.    Plagiarisme yang dilakukan dengan sengaja dapat dicegah dengan pemberitahuan oleh dosen.
E.     Isu plagiarisme dalam dunia akademik bukanlah hal penting dan tidak usah diantisipasi.


SELAMAT MENGERJAKAN LATIHAN

13 komentar:

Home Learning Hafizh Raesandi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Inasya Sahadatin Hafsyah mengatakan...

Nama: Inasya Sahadatin Hafsyah
NIM: P17127017010
---------------------------------------------------------
1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
Jawab: Mengetahui sejarah perkembangan Bahasa Indonesia sehingga menumbuhkan sikap cinta tanah air dan menghargai Bahasa Indonesia dengan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
Jawab: Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang santun, dapat menghormati dan menghargai orang lain, dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
Jawab: Mengetahui kekayaan ragam bahasa, memperluas hubungan sosial, menambah wawasan, dapat mengembangkan gaya bahasa, dan memperkaya nilai budaya bangsa.

4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
Jawab: Mengetahui dasar Bahasa Indonesia yang baik dan benar, harus menggunakan bahasa yang baku dan sesuai dengan EYD, menggunakan kalimat yang efektif dan efisien, serta mengetahui cara penulisan dalam penulisan judul karya ilmiah.


5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
Jawab: Tidak menggunakan kalimat dengan majas pleonasme, menggunakan kata penghubung yang tepat, memperhatikan kesejajaran (paralelisme), memperhatikan kesatuan dan kelogisan
kalimat, membuat urutan kata yang bertahap, dan membuat penekanan dalam kalimat.

6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
Jawab: Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit karena Amerika dan China memiliki modal besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
Jawab: Ortotik Prostetik adalah cabang keilmuan di bidang rehabilitasi medis yang mempelajari pembuatan dan perbaikan ORTOSE (alat penguat anggota gerak) dan PROTESE (anggota gerak tiruan) untuk pasien disabilitas. Tidak hanya untuk mencegah dan mengoreksi kecacatan, ortotik prostetik juga mempelajari tentang pembuatan alat yang dapat menambah estetika pasien sehingga menumbuhkan kepercayaan diri pasien. Pemberian ortose dan prostese juga dapat meningkatkan fungsi tubuh sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
Jawab: Disiplin menulis, sering membaca literasi, belajar menulis sesuai EYD, lakukan evaluasi, meminta kritik dan saran pada pembaca, bergabung dengan forum menulis, ikut kelas menulis, kembangkan gaya Bahasa, temukan editor yang bagus, dan gunakan kalimat kompleks.

9. Beritahulah dosen Anda informasi yang menurut Anda harus diketahui oleh dosen dengan melengkapi kalimat ini: Saya berharap dosen tahu bahwa …..
Jawab: Saya dan mahasiswa lain masih sangat perlu mendapatkan bimbingan dalam penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar, kami membutuhkan evaluasi atas karya tulis yang sudah kami berikan

10. Apakah yang disebut bahasa ?
Jawab: Bahasa adalah alat komunikasi yang dimiliki manusia berupa sistem lambang bunyi yang berasal dari alat ucap atau mulut manusia (Untung Yuwono, 2005).

KaeL mengatakan...

Rafika Maryatul Kibtiyah
P17127017014
1.Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia adalah semakin sadarnya diri saya bahwa bahasa Indonesia merupakan identitas negara yang harus dijunjung tinggi. Dengan demikian semakin bertambah semangat saya untuk mempelajari dan menerapkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah bertambahnya pengetahuan saya mengenai bagaimana berbahasa yang santun,sehingga kurangnya kesantunan saya dalam berbahasa ketika beraktifitas dapat saya benahi.
3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah bertambahnya pengetahuan saya mengenai ragam bahasa, sehingga saya dapat menggunakan ragam bahasa yang tepat saat akan menulis sesuatu.
4. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan seorang penulis karya ilmiah dalam memilih kata yang tepat adalh sebagai berikut:
a. Awalan di- atau ke- atau kata depan ditulis serangkai apabila dihubungkan dengan kata kerja dab dipisah apabila bukan kata kerja
b. Hindari singkatan dalam penulisan karya ilmiah
c. Hindari penggunaan istilah atau kata-kata asing
d. Hindari menulis huruf kapital ditengah kalimat
e. Kata ulang ditulis dengan menggunakan tanda hubung di antara keduanya
f. Kata depan di dank e ditulis terpisah dengan kata sifat dan kata benda yang mengikutinya
g. Imbuhan per yang berarti “tiap” ditulis terpisah dari bagian kalimat yang mendahului dan mengikutinya. Sebaliknya per pada bilangan pecahan ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya.
h. Hati-hati ketika menuliskan nama gelar
5. Cara menyususn suatu kalimat menjadi kalimat efektif adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut :
a. Adanya kesatuan gagasan
b. Adanya kesejajaran bentuk
c. Adanya kehematan kata
d. Adanya penekanan pada kata tertentu
e. Adanya kelogisan kalimat
6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China berlangsung sengit karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki jumlah penduduk yang besar sebagai basis konsumen.
7. Orthotic Prosthetic adalah jurusan atau bidang ilmu yang memepelajari tentang solusi yang tepat untuk mengoptimalkan fungsi anggota gerak dan memperbaiki kualitas hidup bagi orang- orang disabilitas yang memiliki keterbatasan fisik. Banyak orang belum mengenal bahwa mengetahui jurusan ini penting karena termasuk dalam dunia kesehatan.
Pemahaman mengenai disabilitas itu sendiri dipandang sebalah mata oleh masyarakat Indonesia. jadi, untuk memahami cara membantu, dan bersikap peduli untuk kehidupan disabilitas, masyarakat Indonesia sulit untuk mengetahui jurusan Orthotic Prosthetic. Bahwa banyak bidang kesehatan lainnya yang lebih dipahami oleh masyarakat Indonesia sesuai dengan kebutuhan atau masalah yang mereka hadapi seperti sakit kepala, perut dsb.
Tapi untuk peduli akan sesama makhluk hidup dan menerapkan pemahaman bahwa Indonesia merupakan Negara kesatuan, penting bagi manusia untuk memahami disabilitas itu sendiri entah dari keterbatasan fisik ataupun mental.
8. dengan cara Meningkatnya kemampuan membaca dan meneliti bagaiamana cara penulis yang telah menerbitkat buku, Koran, jurnal atau media lainnya
9. Saya berharap dosen tahu bahwa proses lebih penting dari hasil itu sendiri
10. Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik.(wikipedia)
Bahasa adalah segala bentuk komunikasi di mana pikiran dan perasaan seseorang disimbolisasikan agar dapat menyampaikan arti kepada orang lain. Oleh karena itu, perkembangan bahasa dimulai dari tangisan pertama sampai anak mampu bertutur kata. Perkembangan bahasa terbagi atas dua periode besar, yaitu: periode Prelinguistik (0-1 tahun) dan Linguistik (1-5 tahun). Mulai periode linguistik inilah mulai saat anak mengucapkan kata-kata yang pertama. Yang merupakan saat paling menakjubkan bagi orang tua (kompasiana.com)

Home Learning Hafizh Raesandi mengatakan...

Nama : Hafizh Raesandi
NIM : P17127017008

1. Dapat mengetahui tentang sejarah dan perkembangan bahasa indonesia, Dapat mengerti makna dalam pelajaran tersebut dan mengerti tentang pelajaran tersebut dan untuk meningkatkan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa indonesia dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulis dan dapat mengembangkan potensinya.
2. Menurut saya dengan mempelajari ilmu kesantutan dalam berbahasa kita dapat meilah dan memilih bahasa apa yang patut kita ucapkan, tidak hanya memikirkan apa yang hanya diucapkan tapi memikirkan juga persaan lawan bicara kita ketika kita ucapkan kata tersebut
3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah saya mampu membedakan ragam bahasa sastra, hukum, karya ilmiah, jurnal, dan lain sebagainya. Saya juga mampu menerapkan pada saat saya menulis, sehingga tidak tertukar mana kata/kalimat yang seharusnya digunakan untuk bahasa hukum dan mana untuk bahasa sastra. Sebab antar ragam bahasa baik hukum, karya ilmiah dan jurnal memiliki ciri khasnya masing-masing. Sebagaimana pada sastra ia bebas enggunakan jenis kata apa saja, baik yang baku maupun non baku sebab yang dilihat hanyalah keindahan kalimatnya sedangkan pada karya ilmiah kata-kata yang digunakan adalah jenis kata yang ilmiah dan baku sehingga pembacanya tidak salah menafsirkan maksud dari penulis.
4. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan kata yang tepat untuk menulis karya ilmiah adalah : a.) Berhati-hati dalam pemilihan kata baku dan juga non baku, dalam penulisan karya ilmiah kita wajib menggunakan kata baku sehingga kita harus menghindari penulisan kata-kata yang tidak baku. b.) Menggunakan kata-kata ilmiah, sebab hal itulah yang mencirikan sebuah tulisan karya ilmiah, tidak menggunakan kata-kata yang sangat sederhana yang mampu dipahami oleh umum. c.) Harus memperhatikan keefektifan kalimat, sebab dalam karya ilmiah kalimat yang bertele-tele juga tidak baik jika digunakan
5. Cara menyusun kalimat efektif adalah:
1.) Memperhatikan kesatuan
2.) Memperhatikan kesejajaran (paralelisme)
3.) Memperhatikan penekanan dalam kalimat, harus ada penekanan pada kalimat yang penting.
4.) Kehamatan
5.) Kevariasian
6.) Kelogisan, dalam kalimat efektif didalamnya harus terjadi kelogisan pada kalimat
6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.
7. Nama saya Hafizh Raesandi dari Jurusan Ortotik Prostetik Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta 1. Saya menjadi mahasiswa jurusan Ortotik Prostetik . Pada jurusan tersebut saya diajari banyak hal salah satunya adalah ilmu dimana mempelajari tentang pembuatan kaki palsu dan alat bantu gerak pada pasien dan mempelajari banyak material yang dapat digunakan untuk membuat alat bantu dan alat ganti tersebut.
8. Hal yang saya lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis antara lain benar-benar memahami materi perkuliahan bahasa indonesia terutama yang berkaitan dengan karya tulis dan menerapkannya dalam karya tulis yang akan saya buat.
9. saya berharap dosen tahu bahwa dalam memberikan tugas melihat atau mengukur kemampuan dari mahasiswanya bahwasannya saya masih kurang paham dalam menyusun Karya Tulis Ilmiah dan masih banyak kekurangan saya dalam menyusun tersebut.
10. Bahasa adalah segala bentuk komunikasi di mana pikiran dan perasaan seseorang disimbolisasikan agar dapat menyampaikan arti kepada orang lain, untuk tujuan praktis: mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari-hari.
- untuk tujuan artistik: manusia mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia.
- sebagai kunci mempelajari pengetahuan-pengetahuan lain, di luar pengetahuan kebahasaan.
- untuk mempelajari naskah-naskah tua guna menyelidiki latar belakang sejarah manusia, selama kebudayaan dan adat-istiadat, serta perkembangan bahasa itu sendiri

Farida Zahra (P17127017004) mengatakan...

Nama: Farida Zahra
NIM: P17127017004

1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia yaitu saya menjadi tahu bagaimana pembentukan atau perkembangan bahasa Indonesia itu sendiri. Mengerti bagaimana sebuah kalimat terbentuk dan bagaimana cara penggunaannya. Mendapat pengetahuan apa itu bahasa alay, dan bagaimana cara untuk mengatasai atau mengurangi penggunaannya dikehidupan sehari-hari

2. Manfaat yang saya dapat dalam mempelajari kesantunan bahasa adalah saya dapat menggunakan bahasa dengan lebih situasional dan efektif, dan saya menjadi mengerti dan paham tentang bahasa yang santun.dan dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mengirim pesan tertulis maupun tak tertulis.

3. Manfaat yang dapat saya peroleh dari mempelajari ragam bahasa yaitu saya dapat mengetahui berbagai ragam bahasa seperti ragam bahasa jurnalistik, ragam bahasa karya sastra, ragam bahasa undang-undang serta ragam bahasa karya ilmiah. Kemudian saya bisa membedakan dari keempat ragam bahasa tersebut.

4. Hal yang harus dipertimbangkan penulis saat memilih kata untuk penulisan karya ilmiah:
a) Ketepatan pemilihan kata sehingga tidak terjadi salah tafsir antara penulis dan pembaca.
b) Kesesuaian pilihan kata dengan konteks bacaan.
c) Keefektifan suatu paragraf.
d) Variasi kalimat dengan ragam bahasa yang tepat

5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah kalimat tersebut harus jelas, benar dan hemat sehingga mudah dipahami oleh orang lain secara tepat. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat kalimat efektif yaitu:
a. Memiliki keutuhan atau kesatuan gagasan.
b. Memiliki perpautan atau kepaduan.
c. Memiliki penekanan.
d. Memiliki kehematan kata.
e. Memiliki kevariasian kalimat.
f. Memiliki kesejajaran atau paralelisme.

6. Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin sengit karena keduanya memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai konsumen.

7. Nama saya Farida Zahra, Saya adalah salah satu mahasiswi di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Jakarta 1. Saya mengambil jurusan Ortotik Prostetik pada tahun 2017. Alasan saya memilih jurusan ini karena saya disuruh oleh orang tua saya untuk masuk jurusan di bidang kesehatan dan juga saya tertarik untuk menolong orang lebih banyak terutama kepada difable. Jurusan Ortotik Prostetik sendiri mengharuskan kita untuk membuat dengan baik dan benar sebuah alat bantu maupun alat ganti kaki dan juga tangan.

8. Hal yang saya lakukan agar kemampuan menulis saya meningkat adalah membaca beragam buku, baik buku sastra maupun keilmiahan sebab kita dapat menulis dengan baik apabila kita kaya dengan pembendaharaan kata dan salah satu cara memperbanyak pembendaharaan kata adalah dengan membaca.

9. Saya berharap dosen tahu bahwa mahasiswa harus dibimbing secara perlahan dalam penulisan karya tulis ilmiah, dikarenakan para mahasiswa terutama jurusan Ortotik Prostetik di POLTEKKES KEMENKES Jakarta 1 dalam keseharian di kampus menggunakan bahasa asing, sehingga para mahasiswa butuh dibimbig lebih dalam penggunaan tanda baca, kalimat efektif, dan kaidah penulisan yang baik sesuai KBBI dan EYD.

10. Secara sederhana, bahasa dapat diartikan sebagai alat untuk menyampaikan sesuatu yang terlintas di dalam hati. Namun, lebih jauh bahasa bahasa adalah alat untuk beriteraksi atau alat untuk berkomunikasi, dalam arti alat untuk menyampaikan pikiran, gagasan, konsep atau perasaan. Dalam studi sosiolinguistik, bahasa diartikan sebagai sebuah sistem lambang, berupa bunyi, bersifat arbitrer, produktif, dinamis, beragam dan manusiawi.

Dream mengatakan...

Nama : Asri Nuurhikmah
NIM : P17127017003

1. Saya dapat mengetahui sejarah dan perkembangan Bahasa Indonesia , mengetahui lebih banyak tentang asal muasal lahirnya Bahasa Indonesia

2. manfaat yang saya dapatkan adalah saya menjadi paham akan penggunaan bahasa yang baik dan benar, serta kapan penggunaan bahasa tersebut diterapkan dan juga saya lebih paham bagaimana menghormati seseorang lewat berbahasa yang baik

3. saya dapat mengerti dan memahami ragam bahasa dari beberapa contoh tulisan . Seperti ragam bahasa perundangan, jurnalistik, sastra, dan ilmiah. Mengetahui perbedaan dari masing-masing ragam bahasa tersebut dn dpt mencob untuk mengpliksiknny kedlm tulisn.

4. Tentukan topik , menggunakan diksi yang tepat, menggunakan Bahasa ilmiah, sebab hal itulah yang mencirikan sebuah tulisan karya ilmiah, tidak menggunakan kata-kata yang sangat sederhana yang mampu dipahami oleh umum dn harus memperhatikan keefektifan kalimat

5. cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif
• Memperhatikan diksi yang digunakan, apabila diksi tersebut sesuai dengan konteks yang sedang dibuat, maka informasi yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik
• Memperhatikan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Memperhatikan tanda baca dan kapitalisasi huruf yang dibuat. Serta menggunakan kata baku yang ada.
• Adanya kesatuan antarkata. Memiliki subjek, predikat dan objek yang jelas.
• Menggunakan ragam bahasa yang tepat.
• Penghematan terhadap kata, jika ada satu atau dua kata yang dapat dihilangkan tetapi tidak mengubah makna kalimat tersebut, maka kata itu merupakan kata yang mubazir.
• Logis dan lugas.

6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China semakin sengit, karena mereka memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

7. Ortotik prostetik merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tentang pembuatan alat bantu anggota gerak baik anggota gerak atas maupun bawh yang disebut dengan ortotik dan membuat alat ganti gerak yang disebut dengan prostetik

8. Terus berlatih menulis, dan mencoba hal-hal yang baru diluar jurusan kita, agar tidak lupa dengan teknik menulis dengan baik., membaca sumber-sumber yang tersedia untuk menambah ilmu tentang penulisan.

9. Saya berharap dosen tahu bahwa jadwal yang pasti itu sangat penting sebagai acuan dalam mengerjakan tugas, dan pemaparan materi lebih detail sangat diperlukan , terlebih lagi untuk ujian semester materi yang didapat harus menyeluruh ,dan sesuai.

10. Bahasa adalah segala bentuk komunikasi di mana pikiran dan perasaan seseorang disimbolisasikan agar dapat menyampaikan arti kepada orang lain. Oleh karena itu, perkembangan bahasa dimulai dari tangisan pertama sampai anak mampu bertutur kata.

Rifka mengatakan...

Nama : Ajeng Pratiwi Alsaen
NIM : P17127017002

1. Manfaat mempelajari sejarah bahasa Indonesia adalah :
• Mengetahui sejarah lahirnya bahasa Indonesia
• Mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia yang di adopsi dari beberapa bahasa asing
• Mengetahui perkembangan kedudukan bahasa Indonesia sampai menjadi bahasa resmi negara
• Mengetahui asal mula bahasa Indonesia dirumuskan

2. Manfaat mempelajari kesantunan berbahasa :
• Mengetahui cara berkomunukasi dengan baik kepada orang yang lebih tua
• Mengetahui cara berkomunikasi yang sopan antar individu baik di dalam forum maupun di dalam kegiatan sehari-hari
• Mengetahui tatanan bahasa yang baik dan benar agar setiap perkataan yang terucap tetap menghormati satu sama lain

3. Manfaat mempelajari ragam bahasa :
• Memperluas wawasan tentang berbagai jenis bahasa dengan segala ciri khas yang dimiliki
• Mengetahui berbagai macam gaya bahasa disetiap perkembangan zaman
• Menambah kosa kata
• Memperlihatkan tingkat intelektualitas yang tinggi dengan memahami ragam bahasa

4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh penulis dalam menulis karya tulis ilmiah :
• Judul dan isi karya tulis ilmiah harus saling berhubungan
• Tentukan poin-poin yang akan dibahas dan menyusunnya dalam kalimat yang efektif dengan memilih kata-kata yang tepat
• Menggunakan kata-kata yang ilmiah sesuai dengan KBBI atau EYD

5. Cara menyusun kalimat yang efektif :
• Susunlah kalimat yang sesuai dengan EYD
• Hindari kalimat yang berulang dan bermakna ambigu
• Susunlah kalimat dengan sistematis yaitu terdiri dari subjek, predikat, objek, dan keterangan
• Kalimat harus menekankan pada pokok pembahasan

6. Pertarungan ekonomi antara China dan Amerika akan semakin sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah banyak.

7. Ortotik prostetik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang cara pembuatan alat bantu anggota tubuh dan alat pengganti anggota tubuh bagi pasien amputasi. Ortosis adalah alat bantu yang digunakan untuk membantu meningkatkan fungsi anggota tubuh yang tidak berfungsi maksimal, sedangkan Prostesis adalah alat pengganti anggota tubuh yang hilang. Ortotis adalah gelar profesi untuk seseorang yang berwenang dalam membuat ortosis, dan Prostetis adalah gelar profesi untuk seseorang yang berwenang dalam membuat prosthesis.

8. Hal-hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis :
• Memperkaya kosa kata
• Menambah wawasan tentang ragam bahasa
• Berlatih menulis sesuai EYD
• Menggunakan kalimat yang efektif
• Berlatih dengan banyak membaca banyak literatur

9. Saya berharap dosen tahu bahwa setiap tugas harus memiliki waktu atau deadline pengumpulan agar saya bisa mengatur waktu saya untuk mengerjakan tugas dan tidak menundanya.

10. Bahasa adalah alat berkomunikasi antar manusia, dapat berupa kalimat langsung yang diucapkan melalui alat ucap manusia, simbol yang memiliki makna, ataupun gerakan tubuh.

Rr. Anisah Prasetyorini (P17127017015) mengatakan...

NAMA : Rr. Anisah Prasetyorini
NIM : P17127017015

TUGAS BAHASA INDONESIA
1. Manfaat yang didapat adalah kita dapat meningkatkan cara berkomunikasi dalam menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dapat menumbuhkan sikap cinta pada tanah air.

2. Manfaat yang didapat ketika mempelajari materi kesantunan adalah kita dapat membedakan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang santun apabila kita berbicara kepada orang yang lebih tua dari kita dan bagaimana penggunaan Bahasa Indonesia yng baik pada pada teman sebaya dan yang berumur dibawah kita

3. Manfaat yang diperoleh apabila mempelajari ragam Bahasa adalah pengetahuan yang semakin bertambah mengenai ragam Bahasa dan bertambahnya pengetahuan mengenai karakteristik dan ciri dari ragam Bahasa seperti sastra, ilmiah, hukum dan jurnalistik.

4. Hal yang harus dipertimbangkan adalah penulis dapat memilih kata yang tepat dalam menulis karya ilmiah menggunakan diksi yang sesuai, menggunakan Bahasa baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadzir, kalimat harus objektif dan tidak bertele-tele.

5. Cara menyusun kalimat efektif adalah dengan memperhatikan 1) Kesatuan gagasan. 2) kesejajaran. 3) Kehematan. 4) Penekanan. 5) Kelogisan.

6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina semakin sengit. Hal itu disebabkan karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai sebagian besar pasar dunia dan jumlah penduduknya sangat besar sebagai basis konsumen.

7. Tenaga Ortotik Prostetik profesional adalah tenaga kesehatan yang mampu melaksanakan pelayanan kesehatan dalam hal membuat dan memperbaiki ORTOSE (alat penguat anggota gerak) dan PROTESE (anggota gerak tiruan), mencegah dan mengoreksi kecacatan serta memperbaiki estetika dengan memandang manusia seutuhnya sehingga dapat hidup mandiri.

8. Hal yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan saya dalam menulis yaitu dengan berlatih menulis, seperti menulis esai, artikel, dan lain sebagainya. Selain itu harus sering-sering membaca buku agar wawasan saya dalam menulis semakin berkembang.

9. Saya harap dosen tau bahwa sesungguhnya saya masih kurang paham dalam penulisan karya tulis ilmiah sehingga membutuhkan evaluasi lebih dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar

10. Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.

Putri Aulia A Sabrina mengatakan...

Nama: Putri Aulia Ayu Sabrina
NIM: P17127017013
Program Studi: Ortotik Prostetik


Pertanyaan:
1. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia?
- Saya dapat menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari hari
- Saya dapat menggunakan nya untuk memperluas wawasan
- Memahami dan menggunakan nya secara tepat

2. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa?
Sangat bermanfaat untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari hari contohnya saat berbicara di depan khalayak umum dan saat berbicara kepada orang yang lebih tua usia nya, agar tahu mana yang pantas di ucapkan dan mana yang tidak.

3. Apa manfaat yang Anda peroleh ketika mempelajari ragam bahasa?
Saya jadi mengetahui tidak hanya satu bahasa aja yang terdapat di dunia ini, banyak sekali bahasa yang disalurkan tidak hanya dalam lisan dan tulisan namun bahasa dapat ditampilkan dalam bentuk objek seperti gambar, video dan lagu.

4. Hal apa saja yang harus dipertimbangkan supaya seorang penulis dapat memilih kata dengan tepat saat menulis karya ilmiah?
Memilih kata yang baku dan menghindari kata non baku, menulis sesuai tatanan bahasa atau EYD, gunakan kata yang lazim atau dapat dimengerti oleh setiap orang dan hindari salah ketik atau typo.

5. Bagaimana cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif?
- Sesuai kaidan EYD
- Sistematis
- Harus sepadan antar kalimat
- Tidak ambigu
- Memakai kalimat yang tegas atau tidak bertele - tele

6. Perbaikilah kalimat di bawah ini sehingga menjadi kalimat yang efektif:
Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China akan semakin berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan punya rakyat dalam jumlah besar sebagai basis konsumen.

Pertarungan ekonomi antara Amerika dan China akan berlangsung sengit karena Amerika dan China memiliki modal yang besar dalam menguasai mayoritas pasar dunia dan mempunyai rakyat dalam jumlah besar sebagai konsumen.

7. Susunlah sebuah paragraf yang baik tentang bidang keilmuan Anda sesuai dengan kriteria paragraf yang baik!
Ortotik Prostetik adalah pelayanan dalam bidang kesehatan berupa pembuatan alat bantu atau alat ganti untuk anggota gerak tubuh yang hilang berupa kaki dan tangan tiruan. Jurusan ini termasuk langka karena di Indonesia hanya ada 2 sekolah yang memiliki jurusan Ortotik Prostetik yaitu di Poltekkes Kemenkes Jakarta 1 dan di Poltekkes Surakarta.
Tidak hanya membuat alat ganti dan alat bantu saja namun kita di ajarkan untuk bersosialisasi dan sopan santun terhadap orang berkebutuhan khusus dan tidak membanding bandingkan satu sama lain.

8. Apa hal yang akan Anda lakukan agar keterampilan menulis Anda meningkat signifikan?
Untuk meningkatkan keterampilan menulis kita harus rajin membaca, explorasi ide dengan melakukan suatu hal baru atau mengikuti workshop penulisan dan meminta kritik dan saran kepada orang yang dianggap mahir dalam menulis agar memperkaya informasi untuk menulis

9. Beritahulah dosen Anda informasi yang menurut Anda harus diketahui oleh dosen dengan melengkapi kalimat ini: Saya berharap dosen tahu bahwa …..
Saya berharap dosen tahu bahwa banyak hal untuk meningkatkan minat belajar juga untuk mendapatkan nilai, tidak hanya dengan mengisi soal saja namun mahasiswa bisa melakukan kegiatan sesuai dengan materi yang akan dipelajari, contohnya apabila materi pada hari tersebut mengenai “debat” mungkin mahasiswa dapat mempraktekkan secara langsung agar pembelajaran menjadi lebih aktif.

10. Apakah yang disebut bahasa ?
Bahasa adalah suatu alat komunikasi antar sesama manusia dengan memakai tanda atau simbol, misalnya kata-kata dan gerakan tubuh. Bahasa terdiri dari kumpulan kata kata yang memiliki hubungan dan memiliki seperangkat aturan tertentu.

Gabriella mengatakan...

Nama : Gabriella Felicia Callista
Nim : P17127017006
1. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi sejaran dan perkembangan bahasa Indonesia adalah :
- Saya dapat mengetahui sejarah terbentuknya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sehingga dapat meningkatkan rasa cinta Saya terhadap bangsa Indonesia;
- Saya dapat mengetahui perkembangan bahasa Indonesia dari dulu sampai sekarang.

2. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari materi kesantunan berbahasa adalah
- Saya dapat mengerti bahwa dalam berkomunikasi dengan orang lain memerlukan kesantunan;
- Saya dapat mengetahui cara berkomunikasi yang santun melalui macam-macam maksim;
- Saya dapat berkomunikasi dengan orang lain secara komunikatif tanpa menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain.

3. Manfaat yang saya peroleh ketika mempelajari ragam bahasa adalah;
- Saya dapat mengetahui bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang kaya karena memiliki bermacam-macam ragam bahasa, misalnya ragam bahasa ilmiah; ragam bahasa jurnalistik; ragam bahasa hukum; dan ragam bahasa sastra;
- Saya dapat mengetahui ciri-ciri dari masing-masing ragam bahasa yang dapat membantu saya dalam membuat karya tulis dengan ragam bahasa tertentu;
- Saya dapat menerapkan konsep ragam bahasa ilmiah dalam pembuatan skripsi atau karya ilmiah.

4. Yang perlu dipertimbangkan oleh seorang penulis dalam menulis karya ilmiah adalah
- Memperhatikan bidang ilmu yang sesuai dengan karya ilmiah yang akan dibuat;
- Menggunakan kata-kata yang sudah umum dan baku;
- Memperhatikan keefektifan kalimat ketika menggunakan suatu kata;
- Menghindari kata-kata buatan sendiri dan kata-kata jargon.
- Setiap fakta yang diberikan dapat terbukti adanya di kehidupan masyarakat

5. Cara menyusun kalimat supaya menjadi kalimat efektif adalah:
- Membuat kalimat dengan unsur-unsur yang lengkap, yaitu terdapat subjek, predikat, objek, dan atau keterangan;
- Masing-masing unsur tersebut memiliki hubungan yang logis;
- Memberikan penekanan atau pemusatan pada kata atau bagian kata yang ingin ditonjolkan;
- Menghindari penggunaan kata-kata yang mubazir, misalnya kata-kata yang bersinonim pada satu kalimat;
- Membuat variasi dari kata ganti agar pembaca tidak bosan;
- Menggunakan prinsip kesejajaran kata yang digunakan jika dihubungkan dengan kata “dan” atau “atau”.

6. Perbaikan kalimat efektif sebagai berikut,
Pertarungan ekonomi antara Amerika terhadap China berlangsung semakin sengit karena kedua negara memiliki modal yang besar, menguasai mayoritas pasar dunia, dan mempunyai jumlah masyarakat yang banyak sebagai konsumen.
7. Ortotik Prostetik adalah ilmu yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia, tetapi sebenarnya ilmu tersebut dekat dengan masyarakat itu sendiri. Hakekatnya ortotik ialah ilmu yang mempelajari alat bantu tubuh yang tidak normal, sedangkan prostetik adalah ilmu yang mempelajari alat ganti anggota tubuh. Kaki palsu adalah bahasa yang awam dan mudah diingat yang berkaitan dengan ilmu kesehatan ini.

8. Yang perlu saya lakukan agar keterampilan menulis saya meningkat signifikan adalah:
- Lebih sering membaca buku dari berbagai macam jenis buku sehingga meningkatkan perbendaharaan kata;
- Latihan menulis dengan kaidah kebahasaan yang benar.

9. Saya berharap dosen tahu bahwa saya membutuhkan evaluasi terhadap tugas-tugas yang sudah saya kumpulkan selama ini, baik dalam sistematika penulisan atau kaidah kebahasaan yang benar.
Saya berharap dosen tahu bahwa saya membutuhkan penjelasan untuk materi bahasa Indonesia, karena hanya mengerjakan tugas tidak membuat saya begitu mengerti beberapa materi.

10. Menurut Keraf bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Keraf juga menyebutkan bahasa adalah system komunikasi yang menggunakan simbol-simbol vocal yang bersifat arbitrer.





http://portalsemarang.com/soal-uts-rombel-23/
https://wismasastra.wordpress.com/2009/05/25/apa-bahasa-itu-sepuluh-pengertian-bahasa-menurut-para-ahli/

Unknown mengatakan...

Nama : Meli Uswatun Hasanah
Kelas: 1A
1. Manfaat mempelajari sejarah bahasa Indonesia adalah :
• Mengetahui sejarah lahirnya bahasa Indonesia
• Mengetahui sejarah perkembangan bahasa Indonesia yang di adopsi dari beberapa bahasa asing
• Mengetahui perkembangan kedudukan bahasa Indonesia sampai menjadi bahasa resmi negara
• Mengetahui asal mula bahasa Indonesia dirumuskan

2. Manfaat mempelajari kesantunan berbahasa :
• Mengetahui cara berkomunukasi dengan baik kepada orang yang lebih tua
• Mengetahui cara berkomunikasi yang sopan antar individu baik di dalam forum maupun di dalam kegiatan sehari-hari
• Mengetahui tatanan bahasa yang baik dan benar agar setiap perkataan yang terucap tetap menghormati satu sama lain

3. Manfaat mempelajari ragam bahasa :
• Memperluas wawasan tentang berbagai jenis bahasa dengan segala ciri khas yang dimiliki
• Mengetahui berbagai macam gaya bahasa disetiap perkembangan zaman
• Menambah kosa kata
• Memperlihatkan tingkat intelektualitas yang tinggi dengan memahami ragam bahasa

4. Hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh penulis dalam menulis karya tulis ilmiah :
• Judul dan isi karya tulis ilmiah harus saling berhubungan
• Tentukan poin-poin yang akan dibahas dan menyusunnya dalam kalimat yang efektif dengan memilih kata-kata yang tepat
• Menggunakan kata-kata yang ilmiah sesuai dengan KBBI atau EYD

5. Cara menyusun kalimat yang efektif :
• Susunlah kalimat yang sesuai dengan EYD
• Hindari kalimat yang berulang dan bermakna ambigu
• Susunlah kalimat dengan sistematis yaitu terdiri dari subjek, predikat, objek, dan keterangan
• Kalimat harus menekankan pada pokok pembahasan

6. Pertarungan ekonomi antara China dan Amerika akan semakin sengit karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai pasar dunia, dan memiliki rakyat dalam jumlah banyak.

7. Ortotik prostetik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang cara pembuatan alat bantu anggota tubuh dan alat pengganti anggota tubuh bagi pasien amputasi. Ortosis adalah alat bantu yang digunakan untuk membantu meningkatkan fungsi anggota tubuh yang tidak berfungsi maksimal, sedangkan Prostesis adalah alat pengganti anggota tubuh yang hilang. Ortotis adalah gelar profesi untuk seseorang yang berwenang dalam membuat ortosis, dan Prostetis adalah gelar profesi untuk seseorang yang berwenang dalam membuat prosthesis.

8. Hal-hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis :
• Memperkaya kosa kata
• Menambah wawasan tentang ragam bahasa
• Berlatih menulis sesuai EYD
• Menggunakan kalimat yang efektif
• Berlatih dengan banyak membaca banyak literatur

9. Saya berharap dosen tahu bahwa setiap tugas harus memiliki waktu atau deadline pengumpulan agar saya bisa mengatur waktu saya untuk mengerjakan tugas dan tidak menundanya.

10. Bahasa adalah alat berkomunikasi antar manusia, dapat berupa kalimat langsung yang diucapkan melalui alat ucap manusia, simbol yang memiliki makna, ataupun gerakan tubuh.

Anonim mengatakan...

Nama : Andini
Kelas: IB
Nim: P17124020043
No Absen 3


Jawaban

1. Manfaat yang didapat adalah kita dapat meningkatkan cara berkomunikasi dalam menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dapat menumbuhkan sikap cinta pada tanah air.

2. Manfaat yang didapat ketika mempelajari materi kesantunan adalah kita dapat membedakan cara menggunakan Bahasa Indonesia yang santun apabila kita berbicara kepada orang yang lebih tua dari kita dan bagaimana penggunaan Bahasa Indonesia yng baik pada pada teman sebaya dan yang berumur dibawah kita

3. Manfaat yang diperoleh apabila mempelajari ragam Bahasa adalah pengetahuan yang semakin bertambah mengenai ragam Bahasa dan bertambahnya pengetahuan mengenai karakteristik dan ciri dari ragam Bahasa seperti sastra, ilmiah, hukum dan jurnalistik.dengan seiring waktu zaman nya

4. Hal yang harus dipertimbangkan adalah penulis dapat memilih kata yang tepat dalam menulis karya ilmiah menggunakan diksi yang sesuai, menggunakan Bahasa baku, kalimat yang digunakan tidak boleh mubadzir, kalimat harus objektif dan tidak bertele-tele.

5. Cara menyusun kalimat efektif adalah dengan memperhatikan
1) Kesatuan gagasan.
2) kesejajaran.
3) Kehematan.
4) Penekanan.
5) Kelogisan.


6. Pertarungan ekonomi antara Amerika dengan Cina semakin sengit. Hal itu disebabkan karena kedua negara tersebut memiliki modal yang besar, menguasai sebagian besar pasar dunia dan jumlah penduduknya sangat besar sebagai basis konsumen.

7. Tenaga Ortotik Prostetik profesional adalah tenaga kesehatan yang mampu melaksanakan pelayanan kesehatan dalam hal membuat dan memperbaiki ORTOSE (alat penguat anggota gerak) dan PROTESE (anggota gerak tiruan), mencegah dan mengoreksi kecacatan serta memperbaiki estetika dengan memandang manusia seutuhnya sehingga dapat hidup mandiri.

8. Hal yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan kemampuan saya dalam menulis yaitu dengan berlatih menulis sesuai EYD, seperti menulis esai, artikel, dan lain sebagainya. Selain itu harus sering-sering membaca buku agar wawasan saya dalam menulis semakin berkembang.

9. Saya harap dosen tau bahwa sesungguhnya saya masih kurang paham dalam penulisan karya tulis ilmiah sehingga membutuhkan evaluasi lebih dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar dan setiap tugas harus memiliki waktu atau deadline pengumpulan agar saya bisa mengatur waktu saya untuk mengerjakan tugas dan tidak menundanya. Untuk hidup lebih konsisten dan disiplin.

10. Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan tubuh.

Fia mengatakan...


thank you for your information. visit our website for more information https://unair.ac.id/